Salin Artikel

Pemkab Luwu Bentuk Satgas Antisipasi Penyebaran Virus Corona

LUWU, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu melalui rapat koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sepakat membentuk tim satuan tugas penanggulangan virus corona.

Bupati Luwu Basmin Mattayang mengatakan upaya pencegahan ini, sangat perlu dilakukan secara bersama-sama dan dibentuk tim Satgas penanggulangan wabah Covid-19.

“Hasil yang dilahirkan di antaranya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar waspada terutama dari luar negeri karena kita pahami bahwa penyakit corona ini asal muasalnya dari luar negeri,” kata Bupati Luwu Basmin Mattayang saat dikonfirmasi, Senin (16/03/2020).

Pemkab Luwu telah mengeluarkan surat edaran No. 555/323/DKISP/III/2020 mengimbau seluruh warga meningkatkan pola hidup bersih dan sehat, terutama cuci tangan sesudah menyentuh orang, benda dan lingkungan sekitar.

“Melalui Dinas Kesehatan Luwu sudah mengimbau kalau masyarakat mau menghadiri pesta pernikahan maka jangan lupa sebelum berangkat cuci tangan dengan sabun, dan setelah kembali cuci tangan dengan sabun baru makan,” ucap Basmin.

Pemkab Luwu juga menghentikan sementara pemakaian absen elektronik sidik jari bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Selain itu, kata Basmin, bagi ASN dan masyarakat usai berkunjung dari wilayah yang terpapar virus corona baik dalam negeri maupun luar negeri untuk memeriksakan kesehatan ke rumah sakit terdekat.

“Terkait dengan kegiatan yang menghadirkan banyak orang, kami upayakan, kami pelajari dulu dan Alhamdulillah kami di Luwu tidak ada kegiatan yang menghadirkan banyak orang yang ada hanyalah pesta atau pernikahan,” ucap Basmin.

Basmin juga melakukan penghentian sementara proses belajar mengajar di seluruh sekolah TK/SD/SMP, dan mengganti dengan kegiatan belajar di rumah mulai tanggal 17 sampai dengan 31 Maret 2020.

Terkait pelayanan publik, lanjutnya, Pemkab Luwu tetap beroperasi seperti biasa.

“Untuk kerja di rumah, ASN di Luwu belum diimbau untuk bekerja di rumah tetapi kita berharap masuk bekerja dengan menjaga kebersihan lingkungannya,” ujar Basmin.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/16/22373661/pemkab-luwu-bentuk-satgas-antisipasi-penyebaran-virus-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke