Salin Artikel

Ditangkap Polisi, Pelaku Penyebar Video TKA China di Bandara Haluoleo Kendari Minta Maaf

KOMPAS.com - HD (39), warga Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, yang diduga telah menyebarkan video kedatangan puluhan tenaga kerja asing (TKA) asal China di Bandara Haluoleo Kendari, meminta maaf.

“Saya meminta maaf yang sebesar-besarnya. Jika saya mengulanginya lagi maka saya siap dihukum sesuai dengan hukuman yang berlaku,” ujarnya, Senin (16/3/2020).

HD mengakui kalau dia pembuat rekaman video yang viral terkait kedatangan warga China di Kendari.

Diakuinya, tujuan dirinya menyebarkan video itu hanya bentuk keisengan semata.

"Saya ucapkan secara spontan dan hanya untuk main-main,” katanya.

HD mengungkapkan, TKA yang tiba di Bandara Haluoleo pada Minggu (15/3/2020), baru pulang dari Jakarta setelah mengurus visa.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sultra AKBP La Ode Proyek mengatakan, setelah beredarnya video tersebut, pihaknya langsung melakukan penyelidikan hingga berhasil mengamankan HD, diduga pelaku penyebar penyebar video itu.

"Masih diamankan di Polda, jadi saat ini masih proses penyelidikan. Statusnya saat ini wajib lapor," ujar Kabid Humas Polda Sultra AKBP La Ode Proyek kepada wartawan.


Sambungnya, akibat perbuatannya tersebut telah menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

Diberitakan sebelumnya, video viral yang merekam kedatangan puluhan warga negara asing (WNA) asal China di Bandara Haluoleo Kendari, Minggu (15/3/2020) malam menyebar di media sosial.

Video berdurasi 58 detik itu memperlihatkan sebanyak 40 WNA yang merupakan Tenaga Kerja Asing asal China, lengkap dengan koper dan menggunakan masker keluar dari ruangan kedatangan bandara Haluoleo Kendari.

Dalam video itu terdengar suara seseorang berteriak dan mengaitkan kedatangan puluhan WNA itu dengan virus corona yang telah mewabah di seluruh dunia.

(Penulis: Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati | Editor: Dony Aprian)

https://regional.kompas.com/read/2020/03/16/18112671/ditangkap-polisi-pelaku-penyebar-video-tka-china-di-bandara-haluoleo-kendari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke