Salin Artikel

Video Viral, Seorang Penumpang yang Dicurigai Suspect Corona di BIM Diisolasi

Penumpang tersebut langsung diisolasi dan ditangani tim medis yang berpakaian putih-putih ditutupi masker.

Kemudian pasien tersebut dibawa ke mobil ambulans dan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau (BIM),  Yos Suwagiyono dalam keterangan tertulisnya membenarkan kejadian tersebut.

Menurut Yos, kejadian tersebut terjadi pada Senin (16/3/2020) saat penumpang melewati thermal scanner KKP di area kedatangan Internasional.

Penumpang berjenis kelamin laki-laki tersebut terdeteksi dengan kondisi sesak nafas. Dan yang bersangkutan setelah diinterview oleh petugas KKP mengaku sudah tiga hari sesak nafas.

"Pihak KKP BIM langsung melakukan penanganan sesuai protokol. Penumpang tersebut langsung diisolasi dan diinterview oleh KKP dan selanjutkan dirujuk ke RSUP M Djamil Padang untuk penanganan lanjut," kata Yos.

Yos menekankan bahwa penumpang dimaksud baru dicurigai suspect corona. Karena memastikan seseorang terpapar virus corona harus melalui cek laboratorium terhadap darah.

"Itu baru bisa dilakukan di Jakarta dan juga harus disampaikan resmi oleh pihak yang berkompeten," tegas Yos.

Sedangkan untuk penumpang yang duduk tiga baris berdekatan dengan penumpang tersebut juga dilakukan interview, dan mereka sudah dipulangkan dan dinyatakan sebagai orang dalam pemantauan (ODP).

"Ruang kedatangan internasional Bandara Internasional Minangkabau langsung dilakukan disinfeksi dengan cairan disinfektan untuk antisipasi sesuai protokol," kata Yos.

Menurut Yos, semua protokol kesehatan dalam penanganan wabah COVID 19 telah dilaksanakan di Bandara Internasional Minangkabau.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/16/12185041/video-viral-seorang-penumpang-yang-dicurigai-suspect-corona-di-bim-diisolasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke