Salin Artikel

Tour de Bintan Ditunda, 900 Pesepeda dari Luar Negeri Batal Berlomba

Kegiatan balap sepeda internasional tersebut sedianya digelar pada 27-29 Maret 2020.

Keputusan penundaan ini dilakukan untuk mengutamakan keselamatan para peserta dan masyarakat di sekitar lokasi balap sepeda.

Kepala Dinas Pariwisata Bintan Wan Rudi Iskandar mengatakan, kebijakan ini sesuai koordinasi dari Bupati Bintan dengan mempertimbangkan imbauan (WHO) yang telah menetapkan virus corona sebagai pandemi global.

"Dikhawatirkan virus corona menyebar dan sulit ditangani, maka pemerintah lebih memprioritaskan keselamatan masyarakat," kata Wan Rudi di Batam, Minggu (15/3/2020).

Rudi menyebutkan, sejauh ini sebanyak 900 pesepeda dari berbagai negara telah menyatakan kesiapannya untuk merebut poin pada balapan sepeda Tour de Bintan 2020.

Pihak panitia juga sudah beberapa kali mengadakan rapat penyiapan infrastruktur jalan.

Namun, dengan memperhatikan kondisi saat ini, semuanya sepakat melakukan penundaan.

"Daripada nantinya berdampak buruk ke depannya, kami memutuskan lebih memilih menunda sementara waktu kegiatan tersebut dengan batas waktu yang tidak ditentukan," ujar Rudi.


Kerugian mencapai Rp 7 miliar

Group General Manager (GGM) PT BRC Abdul Wahab menyebutkan, dampak dari penundaan Tour de Bintan menimbulkan kerugian yang cukup besar, yakni setara Rp 7 miliar.

Namun, Abdul mengatakan, kerugian itu tidak ada apa-apanya dibandingkan kerugian yang dialami apabila masyarakat tertular virus corona.

"Dari segi keuangan pasti ada. Tetapi kerugian sangat kecil jika dibandingkan kerugian adanya virus corona di lokasi Bintan," kata Abdul Wahab.

Menurut Abdul, ini merupakan kedua kalinya Tour de Bintan batal digelar.

Pada 2015 lalu, Tour de Bintan juga pernah ditunda karena kabut asap.

Abdul mengatakan, kerugian yang dialami saat ini akan dapat terbayar saat ajang balap sepeda terlaksana di kemudian hari.

"Event ini tidak ditiadakan, tapi ditunda," kata Abdul.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/16/10444001/tour-de-bintan-ditunda-900-pesepeda-dari-luar-negeri-batal-berlomba

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke