Salin Artikel

Wisata Alam dan Pendakian Gunung Merbabu Ditutup untuk Cegah Corona

Penutupan tersebut selama 14 hari.

Penutupan sementara ini untuk antisipasi dan kesiapan pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha BTNGMb Johan Setiawan mengatakan, penutupan sementara tempat wisata alam dan jalur pendakian terhitung mulai Minggu (15/3/2020), pukul 18.00 WIB.

Hal ini menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah Nomor:440/0005942 pada 14 Maret 2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Risiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease (Covid-19) di tempat-tempat umum.

"Penutupan sementara jalur pendakian kita mulai hari ini pukul 18.00 WIB. Semua jalur pendakian kita tutup sementara," kata Johan saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu malam.

Johan mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan forum koordinasi pimpinan daerah setempat terkait dengan penutupan sementara tempat wisata alam dan jalur pendakian di kawasan Gunung Merbabu.

"Sementara kita tutup selama 14 hari. Mudah-mudahan Corona bisa segera dikendalikan dan tidak semakin meluas," kata Johan.

Penutupan sementara ini untuk menghindari pertemuan dan kerumuman orang di tempat publik.

Johan menyampaikan, penutupan sementara ini bisa diperpanjang maupun sebaliknya, tergantung dari situasi dan kondisi perkembangan persebaran Covid-19.

"Kami akan melakukan evaluasi dan mengambil kebijakan lebih lanjut dengan memperhatikan perkembangan persebaran Covid-19 ke depan," kata Johan.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/15/21402291/wisata-alam-dan-pendakian-gunung-merbabu-ditutup-untuk-cegah-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke