Salin Artikel

Antisipasi Corona, Sejumlah Kampus di Purwokerto Terapkan Kuliah Online

Kebijakan ini untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas.com, kampus yang menerapkan kuliah online antara lain Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dan Institut Teknologi Telkom Purwokerto.

Rektor Unsoed Suwarto mengatakan, kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka diubah menjadi pembelajaran daring.

Penerapan akan mulai dilakukan Senin (16/3/2020), hingga berakhirnya semester genap tahun ajaran 2019/2020.

"KBM dalam bentuk praktik seperti praktik laboratorium, praktik klinik, praktik di industri dan praktik di berbagai institusi tetap diselenggarakan dengan terlebih dahulu memastikan bahwa tempat-tempat tersebut menerapkan upaya pencegahan penularan infeksi Covid-19," kata Suwarto dalam surat edaran yang diterima, Minggu (15/3/2020).

Suwarto mengatakan, pmpinan fakultas dan program studi dapat melakukan penjadwalan ulang penyelenggaraan praktik-praktik tersebut dan disesuaikan dengan perkembangan keadaan.

Rektor IAIN Purwokerto Moh Roqib mengatakan, pelaksanana ujian tengah semester genap yang dijadwalkan berlangsung 16 Maret hingga 21 Maret 2020 akan dilakukan secara online.

"Perkuliahan dalam kelas pada tanggal 23 Maret hingga 31 Maret ditiadakan dan digantikan perkuliahan daring atau metode pembelajaran lainnya," kata Roqib melalui surat edaran.


Pelaksanana wisuda yang rencananya akan digelar 28 Maret 2020 mendatang juga ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Hal serupa juga dilakukan UMP dan IT Telkom.

Melalui surat edaran yang ditandatangani Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerja Sama UMP Jebul Suroso, pembelajaran jarak jauh akan diterapkan menggunakan aplikasi on class mulai, Senin besok.

Sementara itu, Rektor IT Telkom Purwokerto Ali Rokhman melalui surat edaran yang dikeluarkan menyampaikan, kegiatan belajar tatap muka diganti secara online.

Kegiatan akademik dan nonakademik yang melibatkan berkumpulnya orang dalam jumlah besar juga akan diminta ditunda.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/15/17021901/antisipasi-corona-sejumlah-kampus-di-purwokerto-terapkan-kuliah-online

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke