Salin Artikel

Kata Gubernur Banten Soal Ibu Hamil di Lebak Melahirkan di Jalan Rusak: Tanya Bupati, Kalau Jalan Provinsi Bagus Semua

Menurut dia, peristiwa tersebut terjadi lantaran pembangunan di Provinsi Banten, terutama di Kabupaten Lebak, belum merata.

"Daerah kita kan sangat luas, banyak kok seperti itu, (karena) pembangunan belum merata," kata Wahidin Halim di Pendopo Provinsi Banten, Kota Serang, Rabu (11/3/2020).

Peristiwa ibu hamil melahirkan di jalan rusak saat dalam perjalanan ke puskesmas, memang sudah beberapa kali terjadi Provinsi Banten.

Sebelumnya di Kecamatan Panggarangan, Lebak, juga ada kejadian serupa, dimana ibu hamil ditandu ke Puskesmas sejauh 7 kilometer akibat jalan rusak.

Mirisnya, bayi meninggal lantaran terlambat diselamatkan.

Wahidin mengatakan, pihak provinsi sudah memberikan bantuan keuangan ke kabupaten dan kota di Banten. Terkait penggunaan anggaran tersebut, itu merupakan wewenang dari pemerintah daerah setempat.

Apalagi untuk jalan rusak yang jadi penyebab ibu hamil tersebut melahirkan, itu merupakan ruas jalan antardesa yang menjadi tanggung jawab kabupaten.

"Tanya bupatinya, itu kewenangan kabupaten, karena jalan provinsi sudah bagus semua," kata mantan Wali Kota Tangerang itu.

Peristiwa tersebut terjadi pada Senin (9/3/2020) siang.

Saat itu, Sari hendak ke puskesmas di pusat kecamatan dimana harus menempuh perjalanan sejauh 20 kilometer dengan kondisi jalan rusak.

Sari berangkat ke puskesmas menggunakan sepeda motor dari rumahnya di Kampung Pasir Sempur, Cibarani.

Namun, saat dalam perjalanan, ban motor kempes, sehingga Sari terpaksa melahirkan di jalan.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/11/14352901/kata-gubernur-banten-soal-ibu-hamil-di-lebak-melahirkan-di-jalan-rusak-tanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke