Salin Artikel

TKA China yang Diisolasi di Pontianak Demam karena DBD, Bukan Corona

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat Harisson menegaskan, setelah dilakukan uji laboratorium terhadap sampel darah dan lendir tenggorokannya, TKA itu didiagnosis demam berdarah dengue (DBD).

"Hasil uji sampel laboratorium sudah dikirim dari Jakarta dan menunjukkan TKA ini mengalami demam berdarah," kata Harisson kepada wartawan, Senin (9/3/2020).

"TKA tersebut masih dalam proses perawatan penyembuhan dari DBD," sambung Harisson.

Harrison memerintahkan Dinas Kesehatan Ketapang segera mengambil langkah untuk pencegahan wabah DBD.

Dia berharap, pemantauan terhadap kasus DBD jangan sampai kendor karena isu corona.

Sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD Agoesdjam Ketapang, Kalimantan Barat, Feria Kowira mengkonfirmasi kebenaran ada seorang TKA asal China yang diisolasi di RSUD Soedarso Pontianak, Kalimantan Barat.


Dari hasil pemeriksaan sementara, pasien tidak menunjukkan tanda-tanda menderita pneumonia, salah satu gejala orang terserang virus corona.

"Saat ini kondisi pasien sendiri sudah berangsur membaik dengan demam yang sudah menurun," jelas Feria kepada wartawan, Rabu (4/3/2020).

Feria menerangkan, pasien tersebut mulai dirawat pada Selasa (3/3/2020) malam, sekitar 22.30 WIB. Pasien mengeluh batuk dan demam beberapa hari.

"Makanya sesuai dengan prosedur yang ada kita langsung lakukan pelayanan sesuai dengan protap seperti petugas kita menggunakan alat pelindung diri lengkap dan mengisolasi pasien tersebut,” ujar Feria.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/09/16004791/tka-china-yang-diisolasi-di-pontianak-demam-karena-dbd-bukan-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke