Salin Artikel

Gubernur NTB Sebut Kapal Viking Sun Belum Tentu Sandar di Lombok

MATARAM, KOMPAS.com - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah mengatakan, hingga kini belum mengetahui Kapal Pesiar Viking Sun yang sempat ditolak bersandar di Semarang dan Surabaya, bersandar di Lombok.

"Kalau Viking Sun belum ada kepastian (berlabuh), nanti kita lihat," kata Zul usai menemani Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya memantau lokasi Tempat Pembuamham Akhir (TPA) Mataram, Minggu (8/3/2020).

Zul memastikan dua Kapal yang akan bersandar di Lombok bukan Kapal Viking Sun.

"Menurut pihak kesehatan kelautan belum tentu ke sini (Viking Sun), yang datang 2 besok ini bukan Viking Sun," kata Zul.

Pihaknya, kata dia, akan meningkatkan kewaspadaan apabila kapal pesiar tersebut benar-benar bersandar di Lombok.

Dia berharap, masyarakat jangan terlalu menanggapi kabar penyebaran virus corona

"Kita tidak perlu paranoid, tidak perlu panik. Menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari hal itu," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Bali resmi mengizinkan penumpang Kapal Pesiar Viking Sun untuk turun di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, Minggu (8/3/2020).

Mereka diizinkan turun setelah dipastikan tidak ada penumpang maupun kru yang sakit atau mengalami gejala-gejala mirip virus corona atau Covid-19.

"Artinya kalau ketentuan sudah terpenuhi, maka tak ada alasan untuk tak mengizinkan kapal turun. Kami sudah dapat laporan (kesehatan) dan laporan ini sudah disampaikan ke Pak Gubernur semalam," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pelabuhan Benoa Agustinus Maun, Minggu (8/3/2020).

Maun mengatakan, seluruh penumpang dan kru kapal Viking Sun dinyatakan sehat.

Hal ini diketahui setelah pihaknya mendapat hasil pemeriksaan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denpasar pada Sabtu kemarin.

Pemeriksaan itu dilakukan sebanyak dua kali, yakni pagi pukul 08.30 hingga 10.00 WITA. Kemudian, malam pukul 20.00 hingga 22.30 WITA.


"Pemeriksaan kedua dilakukan lebih detail kepada semua penumpang dan kru terkait dengan isu virus corona. Hasil yang didapatkan KKP dibantu Dinkes Provinsi Bali dan petugas medis rumah sakit di Bali mengindikasikan tak ada ditemukan penumpang atau kru yang sakit," kata Maun.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/08/21582261/gubernur-ntb-sebut-kapal-viking-sun-belum-tentu-sandar-di-lombok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke