Salin Artikel

Maju di Pilkada Mojokerto, Pasangan Ikfina-Barra Didukung 3 Parpol

Hal itu disampaikan oleh Kiai Asep Saifuddin Chalim, pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto, sekaligus ayah dari bakal calon wakil bupati Mojokerto, Muhammad Al Barra.

Kiai Asep mengungkapkan, ketiga Parpol pemilik kursi parlemen di DPRD Kabupaten Mojokerto yang sudah positif mendukung pasangan Ikfina - Barra, yakni Partai Nasdem, Partai Hanura dan PPP.

Meski belum mengantongi surat rekom atau dukungan resmi sebagai syarat mendaftar ke KPU, namun dia meyakini dukungan dari ketiga Parpol tersebut akan diberikan kepada pasangan Ikfina - Barra.

"Kami sudah mendapatkan dukungan 10 kursi dari tiga partai. Tiga partai itu Nasdem, Hanura, PPP. PPP sudah, walaupun nanti ada yang membantah, tapi PPP sudah kongkrit," ujar Kiai Asep saat ditemui di Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto, Jumat (6/3/2020).

Pilkada Mojokerto

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Mojokerto akan berlangsung serentak bersamaan dengan 18 Kabupaten/Kota di Jawa Timur, pada 23 September 2020 mendatang.

Sebagai syarat pencalonan, setiap bakal calon bupati - calon wakil bupati wajib didukung partai politik atau koalisi partai dengan jumlah kepemilikan minimal 10 kursi di DPRD Kabupaten Mojokerto.

Adapun Parpol yang disebut bakal memberikan rekomendasi atau dukungan kepada pasangan Ikfina - Barra, yakni Partai Nasdem 3 kursi, Partai Hanura 2 kursi, serta PPP sebanyak 6 kursi. 

Dikatakan Kiai Asep, meski jumlah kursi dari parpol yang mendukung pasangan Ikfina dan anaknya sudah memenuhi persyaatan minimal, namun pihaknya tetap membuka peluang bagi partai lain untuk bergabung dalam mengusung calon di Pilkada Kabupaten Mojokerto 2020.


Galang Dukungan Nahdliyin

Pada Jumat (6/3/2020), Pesantren Amanatul Ummah yang dipimpin Kiai Asep, menggelar pertemuan dengan para ulama dan pengurus NU Kabupaten Mojokerto beserta badan otonomnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Dewan Pembina Jaringan Kyai Santri Nasional (JKSN) tersebut mengumumkan pencalonan anaknya sebagai calon wakil bupati mojokerto, berpasangan dengan Ikfina Fahmawati.

Selain mengumumkan pencalonan anaknya, Kiai Asep juga meminta dukungan dari kalangan Nahdliyin terhadap pasangan Ikfina - Barra pada Pilkada Kabupaten Mojokerto 2020.

"Tetapi mohon maaf, untuk saat ini Bu Ikfina dan anak saya, Barra, tidak bisa hadir disini karena sedang berada di Jakarta. Kami mohon dukungan dan doanya," ujar dia dihadapan para kiai dan pengurus NU Kabupaten Mojokerto beserta pengurus Badan otonom.

Tidak menerima pembiayaan pengusaha

Terkait dukungan finansial untuk pencalonan Ikfina - Barra untuk maju di Pilkada Kabupaten Mojokerto, Kiai Asep menyatakan akan membiayai sendiri seluruh kebutuhan selama tahapan Pilkada.

"Saya tidak mengizinkan ada pembiayaan dari pengusaha, apalagi dari pihak asing. Kita ingin calon kepala daerah yang terpilih nanti tidak terbebani dengan keinginan pengusaha atau pihak asing," tandas dia.

Untuk diketahui, pasangan Ikfina Fahmawati - Muhammad Al Barra, pada Senin (27/1/2020) lalu mendeklarasikan bakal maju dalam Pilkada Kabupaten Mojokerto 2020.

Ikfina merupakan istri mantan Bupati Mojokerto, Jawa Timur, Musthofa Kamal Pasha (MKP). Sedangkan Muhammad Al Barra adalah anak dari pendiri sekaligus pengasuh Ponpes Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto.

Pasangan ini mendeklarasikan nama IKBAR sebagai penggabungan nama keduanya.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/07/09015991/maju-di-pilkada-mojokerto-pasangan-ikfina-barra-didukung-3-parpol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke