Salin Artikel

Tasikmalaya Banyak Dikunjungi Turis, Dinkes Siapkan Pencegahan Corona

Hal tersebut untuk mengantisipasi masuknya virus corona di Tasikmalaya.

Menurut Dinkes, hampir setiap akhir pekan, turis domestik maupun asing masih banyak yang berkunjung ke wilayah Kota Tasikmalaya.

Bahkan, hotel-hotel berbintang di Kota Tasikmalaya selalu penuh oleh turis asing maupun lokal saat menjelang libur akhir pekan.

"Thermal scanner sudah dipasang di dua lokasi strategis, yakni di stasiun dan Bandara Wiriadinata Kota Tasikmalaya untuk mencegah virus corona. Alat itu khusus mendeteksi suhu panas bagi kedatangan penumpang ke sini," kata Kepala Dinas Kota Tasikmalaya Uus Supangat kepada wartawan di kantornya, Jumat.

Uus mengatakan, kedua lokasi strategis itu dipilih, karena selama ini pengunjung ke Kota Tasikmalaya lebih banyak yang memakai pesawat dan kereta api.

Bepergian ke Tasikmalaya menggunakan pesawat dan kereta dinilai lebih efektif dan menghemat waktu, karena bisa ditempuh tanpa harus melewati kemacetan di Nagrek, Limbangan dan Gentong.

"Ternyata, turis asing ke Kota Tasikmalaya itu banyak dan mereka memilih pakai kereta atau pesawat. Kalau lewat darat, mereka tidak mau karena tahu dari arah Bandung ke Tasikmalaya itu langganan macet," kata Uus.

Adapun, dua alat thermal scanner yang digunakan berjenis portabel yang dioperasikan oleh petugas khusus di area kedatangan penumpang.


Apabila ditemukan penumpang dengan suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius, petugas akan langsung memeriksa penumpang di pos kesehatan.

Saat ini, mal, hotel dan tempat keramaian lainnya diwajibkan menyediakan hand sanitizer, tempat cuci tangan publik dan masker.

Para petugas diarahkan untuk segera melaporkan ke Dinas Kesehatan apabila menemukan pengunjung yang sakit dengan suhu tubuh yang tinggi.

Sebelumnya, seorang warga setempat ditetapkan sebagai pasien suspect virus corona seusai pulang dari China Taipei.

Pemkot Tasikmalaya kemudian bergerak cepat dengan membentuk tim khusus dan kebijakan antisipasi virus corona.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/06/12331701/tasikmalaya-banyak-dikunjungi-turis-dinkes-siapkan-pencegahan-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke