Salin Artikel

Fakta Terbaru Kapal Viking Sun, Boleh Bersandar di Semarang, Penumpang Tak Diizinkan Turun

Sebelumnya sejumlah pihak, seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menolak kapal Viking Sun bersandar di Semarang.

Larangan tersebut mengacu adanya dua penumpang kapal yang mengalami demam, batuk dan pilek.

Penumpang tersebut juga memiliki riwayat perjalanan mengunjungi New Caledonia dan Australia, negara yang mengonfirmasi kasus COVID-19.

Kapal Viking Sun akhirnya diperbolehkan bersandar di pelabuhan Kota Semarang setelah adanya negosiasi

Negosiasi dilakukan antara Wali Kota Semarang dengan pihak Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Tanjung Emas.

"Atas permintaan dari Kesyahbandaran, kapal tetap harus bersandar, tapi hanya untuk memasukkan kebutuhan logistik. Kami tak mengizinkan seluruh penumpang untuk turun ke pelabuhan," kata Wali Kota Semarang.

Kepala Kantor KSOP I Tanjung Emas Semarang Junaidi mengemukakan, kapal pesiar Viking Sun tetap diperbolehkan bersandar di pelabuhan Tanjung Emas untuk mengisi empat kontainer bahan makanan.

"Kapal hanya akan memasukkan logistik sebanyak 4 kontainer sebagain besar bahan makanan. Hal ini dilakukan untuk misi kemanusiaan," ujarnya.

Padahal turis asing yang sebagian besar dari negara Amerika Serikat, Inggris dan beberapa negara Eropa ini berencana mengunjungi sejumlah lokasi wisata, seperti Kelenteng Sam Poo Kong, Gereja Bleduk, Museum Lawang Sewu sampai Candi Gedong Songo.

Mereka bahkan telah menunggu kedatangan para penumpang kapal Viking Sun hingga pagi.

"Sudah rugi tenaga, capek juga nunggunya asal nanti gajinya tidak ikut dipotong sih. Mau bagaimana lagi karena ada kasus virus corona buat jaga-jaga saja sebaiknya memang dibatalin," tandasnya.

Kapal yang diketahui mengangkut 1.300 penumpang dan kru kapal itu juga ditolak bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur.

Penolakan kedatangan kapal pesiar itu mengacu pada surat penundaan kunjungan kapal pesiar Viking Sun yang dikeluarkan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Riska Farasonalia, Teuku Muhammad Valdy Arief, Dony Aprian)

https://regional.kompas.com/read/2020/03/06/08535831/fakta-terbaru-kapal-viking-sun-boleh-bersandar-di-semarang-penumpang-tak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke