Salin Artikel

Khofiifah: Call Center Disiapkan untuk Masyarakat Konsultasi Virus Corona

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kesehatan membuat layanan call center untuk konsultasi terkait virus corona.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, layanan call center dibuka di dua saluran, yaitu di nomor 031-8430313 untuk layanan di hari aktif dan jam kerja, dan nomor 081334367800 yang juga aktif di hari libur selama 24 jam.

"Layanan call center ini akan memberikan sarana tanya jawab bagi masyarakat yang membutuhkan informasi dan konsultasi terkait penanganan corona virus," kata Khofifah, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (4/3/2020).

Call center itu disiapkan untuk sarana pelayanan medis yang dibutuhkan, jaringan rumah sakit yang bisa melayani indikasi suspect corona, hingga jaringan tempat yang menyediakan masker dan informasi lain yang dibutuhkan.

"Ini adalah layanan yang kami buka agar masyarakat bisa terang dan tenang jika mendapatkan informasi dan konsultasi soal fasilitas kesehatan atau rumah sakit yang bisa mereka tuju saat mengalami tanda-tanda terinfeksi corona virus," ujar Khofifah.

Menurut Khofifah, jika masyarakat menghubungi layanan call center ini, operator dari Dinas Kesehatan akan menjawab dan memberikan layanan informasi.

Terutama, dalam hal managemen layanan rumah sakit yang bisa dijadikan masyarakat sebagai rujukan saat mengetahui ada tanda-tanda merasakan batuk pilek dan sesak napas.

"Kami berjejaring dengan 44 rumah sakit yang kami tetapkan sebagai rumah sakit rujukan pertama dan kami siapkan untuk menerima warga Jatim jika mengalami gejala terindikasi corona virus," kata Khofifah.

Sebanyak 44 rumah sakit rujukan ini terdiri dari 41 rumah sakit tipe B sebagai rumah sakit rujukan awal dan 3 rumah sakit tipe A sebagai rumah sakit rujukan utama.

44 rumah sakit ini, kata Khofifah, sudah memenuhi empat kriteria, yang pertama adalah rumah sakit tipe B, memiliki ruang isolasi, memiliki dokter sesialis paru-paru, dan memiliki dokter radiologi.

"Jika ada pasien mengarah ke covid-19, maka pasien akan diarahkan untuk dirujuk ke 3 rumah sakit rujukan utama kita," ujar Khofifah.

Adapun tiga rumah sakit rujukan utama, yaitu RSUD Dr Soetomo Surabaya, RSUD Dr Soedono Madiun, dan RSUD Saiful Anwar Malang.

Khofifah menambahkan, call center ini penting bagi masyarakat agar mereka bisa mendapatkan pengarahan apa yang harus dilakukan dan ke mana mereka harus bertindak saat mengalami gejala menyerupai virus corona.

Karena itu, Khofifah meminta semua masyarakat Jatim agar tetap tenang, karena Pemprov Jatim telah melakukan berbagai upaya untum mengantisipasi merebaknya virus mematikan itu.

"Saya mohon masyarakat Jawa Timur tetap tenang. Kami melakukan koordinasi yang sangat komprehensif vertikal dan horisontal. Jangan panik dengan melakukan aksi borong atau 'panic buying'," kata Khofifah.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/04/16164661/khofiifah-call-center-disiapkan-untuk-masyarakat-konsultasi-virus-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke