Salin Artikel

Stok Masker di Jawa Tengah Dipastikan Aman, asal Digunakan Sesuai Kebutuhan

Pernyataan itu disampaikan setelah membandingkan ketersediaan dengan orang yang membutuhkan. 

"Produksi masker memang terbatas, namun untuk Jawa Tengah stoknya aman asalkan digunakan sesuai kebutuhan," kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo, Rabu (4/3/2020).

Yulianto juga menegaskan, masker hanya perlu dipakai orang sakit, petugas kesehatan, atau orang yang berada di daerah rawan terpapar. 

"Jadi, tidak semuanya harus menggunakan masker,” kata Yulianto.

Meski demikian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah tetap mengingatkan warga agar tidak mengambil untung dengan menimbun masker.

Pasalnya, ada ancaman pidana untuk orang yang coba mendapatkan keuntungan dari kepanikan warga karena penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Kalau ada penimbunan atau permainan harga, pasti akan kami tindak secara hukum,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jateng Muhammad Arif Sambodo.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah juga akan memantau perusahaan dan distributor masker untuk mencegah penimbunan.

"Inventarisasi dan dan pengecekan jalur distribusi terus kami pantau. Kalau ada temuan, pasti kami tindak bersama jajaran kepolisian,” tegasnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/04/11541831/stok-masker-di-jawa-tengah-dipastikan-aman-asal-digunakan-sesuai-kebutuhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke