Salin Artikel

Antisipasi Corona, Pemkot Padang Batasi Perjalanan Dinas ke Luar Daerah

Hal ini dilakukan agar terhindar dari penularan virus corona.

"Wali Kota Padang sudah mengeluarkan instruksi untuk membatasi perjalanan dinas seperti studi banding ke daerah yang terjangkit virus corona. Pembatasan ini berlaku hingga situasi sudah kondusif," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Fery Mulyani saat dikonfirmasi, Selasa (3/3/2020).

Selain membatasi perjalanan dinas, Pemkot Padang melalui Dinas Kesehatan juga akan melakukan pemantauan kepada masyarakat yang datang ke Kota Padang, terutama dari daerah yang terjangkit virus corona.

"Nanti kami akan meminta nama-nama orang yang datang ke Kota Padang dari penerbangan. Kemudian kami akan melakukan pemantauan kepada mereka. Pemantauan dilakukan melalui puskesmas-puskesmas yang ada di Kota Padang," ujar Fery.

Fery Mulyani juga mengimbau masyarakat yang mengalami gejala demam, batuk dan pilek, agar segera berobat ke rumah sakit atau puskesmas.

"Nanti bisa diberi penangan lebih cepat untuk penyakitnya. Selain itu, kami meningkatkan sosialisasi dan memberikan informasi kepada masyarakat mengenai virus corona tersebut," kata dia.

Masyarakat juga diimbau untuk menjaga pola hidup sehat agar tidak terkena virus corona.

Misalnya dengan menjaga pola makan, mengonsumsi makanan yang sehat, berolahraga dan mencuci tangan dengan air yang mengalir.

Fery menyarankan agar penderita flu menggunakan masker supaya tidak menularkan penyakit kepada orang lain.

"Jika tidak batuk jangan menggunakan masker. Apa yang mau disebarkan ke yang lain?" kata Fery.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/03/13552961/antisipasi-corona-pemkot-padang-batasi-perjalanan-dinas-ke-luar-daerah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke