Salin Artikel

Antisipasi Virus Corona, Dinkes Palopo Siapkan Ruang Isolasi di RSUD Sawerigading

PALOPO, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Kota Palopo, Sulawesi Selatan, menyiapkan ruang khusus isolasi di rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sawerigading menyusul ditemukannya 2 Warga Negara Indonesia (WNI) di Depok, Jawa Barat, yang terjangkit virus corona.

“Kami menyiapkan tempat yang memenuhi standar di RSUD Sawerigading Palopo, ada 3 tempat tidur yang disiapkan dalam satu ruangan jika ada warga yang terjangkit virus corona itu akan dibawa ke sana untuk ditangani,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo Taufiq kepada wartawan, Senin (2/3/2020).

Selain terdapat 3 tempat tidur, kata dia, ruang isolasi tersebut dilengkapi layar monitor untuk memantau pekermbangan pasien, masker dan peralatan lainnya. 

Jika dibutuhkan, pihaknya akan menambah ruang isolasi termasuk kelengkapan lainnya untuk menangani pasien jika ada yang terindikasi virus corona di Palopo.

"Ruangan yang saat ini kami sediakan di dalamnya sudah ada fasilitas siap pakai dan tersedia berupa masker, oksigen, infus, obat peningkatan daya tahan tubuh dan kelengkapan lainnya,” ujar Taufiq.

Meski belum adanya warga yang terinveksi virus corona, pihak rumah sakit telah menyiagakan berbagai tindakan medis mengingat Kota Palopo merupakan daerah lalu lintas atau transit untuk berlibur maupun perdagangan di Sulawesi Selatan.

Taufiq mengimbau warga menghindari kontak langsung dengan penderita serta tidak bepergian ke daerah endemik virus corona.

“Jika dianggap penting maka dianjurkan untuk menggunakan alat pelindung diri supaya terhindar dari virus corona, selain itu memperbaiki pola hidup sehat dengan berolahraga, istirahat teratur dan melakukan kontrol kesehatan,” ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/02/18071631/antisipasi-virus-corona-dinkes-palopo-siapkan-ruang-isolasi-di-rsud

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke