Salin Artikel

2 Warga Depok Positif Corona, Risma Ingatkan Cuci Tangan hingga Ganjar Sebut Kenali Gejalanya

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo telah mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, positif terjangkit virus corona, Senin (2/3/2020). 

Jokowi pun memastikan, dua warga Indonesia tersebut telah mendapat perawatan di rumah sakit.

Sementara itu, sejumlah kepala daerah segera mengimbau warga mereka untuk tidak panik.

Salah satunya adalah Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Dirniya mengajak warga Surabaya untuk berdoa dan menjaga kesehatan dengan rajin cuci tangan agar terhindar dari virus corona.

Sementara itu, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Laiskodat, mengimbau jajarannya untuk tidak gegabah menolak kedatangan wisatawan dengan alasan penyebaran virus corona.

Berikut ini fakta lengkapnya:

Risma, sapaan akrab Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, mengajak warga Surabaya untuk berdoa dan menjaga kesehatan agar virus corona tidak menjangkiti warga Surabaya.

"Karena itu mari kita berdoa semoga selalu diberi kesehatan dimana pun kita berada," kata Risma menyampaikan sambutannya di kegiatan doa bersama di di Taman Surya, Balai Kota Surabaya, Senin (2/3/2020).

Selain itu, Risma mengingatkan agar setiap kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus memiliki handsanitizer masing-masing.

Untuk warganya, Risma mengimbau setiap warga untuk menyediakan pembersih kuman itu di rumahnya.

"Agar tetap steril dan higienis, terutama sebelum dan setelah beraktivitas. Tolong itu dilakukan supaya tidak ada virus dan kuman yang nyangkut," ujar Risma.

Gubernur Viktor mengingatkan para kepala daerah untuk waspada dengan penyebaran virus corona.

Apabil menemukan indikasi penyebaran virus corona, Viktor mengimbau agar kepala daerah bisa langsung berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi NTT.

"Masyarakat memang perlu waspada. Tapi tidak perlu takut berlebihan. Serahkan seluruh hidup kita kepada penyelenggaraan Tuhan. Perkuat daya tahan tubuh. Konsumsi kelor setiap hari dan makan makanan yang bergizi lainnya," kata Viktor.

Pasca-dua warga Indonesia positif terjangkit virus corona, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengimbau warganya untuk tidak panik.

"Jangan panik, tetap beraktivitas seperti biasa dan selalu menjaga kesehatan serta mencuci tangan sesering mungkin," katanya di Semarang, Senin.

Ganjar meminta masyarakat untuk mempelajari Covid-19, termasuk cara penyebaran dan pencegahannya.

"Jika mengalami gejala flu dan demam, segera periksa ke fasilitas kesehatan terdekat," ujarnya, seperti dilansir dari Antara.

Pasca-pengumuman Jokowi terkait dua warga Depok yang terjangkit virus Corona, Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan bertemu dengan Wali Kota Depok Muhammad Idris Abdul Somad. 

Pertemuan itu akan segera digelar untuk membahas penanganan virus corona usai dua warga Depok dipastikan terjangkit virus tersebut.

Pertemuan akan digelar Senin (2/3/2020) sore ini. Saat ini, Ridwan Kamil masih dalam perjalanan dari Jakarta.

"Saya perlu memastikan dua warga yang positif terkena Covid-19 ini supaya mendapat perawatan dengan fasilitas rujukan terlengkap," kata Emil, sapaan akrabnya, lewat siaran pers yang diterima media.

Emil sapaan akran Ridwan Kamil, menuturkan, pemerintah provinsi bersama pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten serta kota melakukan langkah-langkah preventif secara terintegrasi guna mengurangi risiko penularan ataupun jatuhnya korban.

"Doakan kami untuk diberi kekuatan, kesehatan dan kemudahan dalam bertugas. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua, dan penyakit Covid-19 bisa ditangani dengan baik," ucapnya.

(Penulis: Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani, Kontributor Surabaya, Ghinan Salman, Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere | Editor: Dheri Agriesta, David Oliver Purba)

 

https://regional.kompas.com/read/2020/03/02/16160051/2-warga-depok-positif-corona-risma-ingatkan-cuci-tangan-hingga-ganjar-sebut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke