Salin Artikel

Bharatu Anumerta Doni Priyanto, Korban Serangan KKB di Papua, Sosok Pendiam yang Santun

Suasana duka tampak menyelimuti keluarga Bharatu Doni Priyanto di Desa Karangrejo, Kecamatan Kampak, Trenggalek, Jawa Timur.

Saat Kapolsek Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak datang berkunjung, tampak keluarga Bharada Doni Priyanto tidak bisa tidak menahan tangis.

“Kami sekeluarga sudah mengikhlaskan kepergian putra kami,” ujar Parno, ayah kandung almarhum Doni, ketika berbincang dengan Kapolres Trenggalek di rumah duka, Sabtu (1/3/2020).

Parno menjelaskan, anaknya merupakan sosok yang taat, santun serta pendiam semasa hidup.

Terakhir Doni menghubungi keluarga di Trenggalek beberapa hari lalu, dan pamit hendak tugas masuk hutan selama tiga hari.

Bharada Doni Priyanto gugur setelah terjadi kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah Jipabera Arwanop, Distrik Tembagapura, Papua.

Karena gugur dalam tugas Bharada Doni Priyanto, pangkatnya dinaikkan satu tingkat menjadi Bharatu Anumerta.

Doni tergabung di Satgas Belukar Nemangkawi 2020 sebagai anggota Resimen Tiga Pasukan Pelopor Korps Brimob Mabes Polri. Ia mengabdikan sebagai polisi sejak 2017.


Almarhum Doni gugur meninggalkan kedua orangtuanya dan seorang adik kandung.

Pemakaman Doni di Taman Makam Pahlawan (TMP) Trenggalek akan berlangsung secara kedinasan.

“Kita beri kehormatan setinggi tingginya kepada almarhum yang gugur dalam tugas menjaga kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” terang Jean Calvijn di rumah duka.

Segala persiapan mulai pemasangan tenda hingga merapikan jalan akses menuju rumah duka, dikerjakan oleh masyarakat dan sejumlah anggota TNI-Polri.

Sekitar rumah duka mulai dipenuhi karangan bunga ucapan belasungkawa. 

Mulai dari Kapolres Trenggalek, Kapolda Jawa Timur, Petinggi Korps Brimob, Hingga Kapolri turut mengucapkan belasungkawa melalui karangan bunga.

Selain itu, Karangan bunga ucapan belasungkawa dari Komandan Kodim 0806, Kodam Brawijaya hingga Petinggi TNI juga terlihat di sekitar rumah duka.

Masyarakat serta sejumlah pejabat dari TNI-Polri turut hadir di rumah duka.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/01/07224421/bharatu-anumerta-doni-priyanto-korban-serangan-kkb-di-papua-sosok-pendiam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke