Salin Artikel

Penangguhan Umrah, 50 Calon Jemaah dari Mojokerto Batal Berangkat

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mojokerto Mukti Ali mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan penyelenggara umrah.

"Besok (Sabtu) yang rencana diberangkatkan oleh travel kita di Mojokerto ada 50 orang," kata Mukti Ali kepada Kompas.com, Kamis (27/2/2020) petang.

Sebanyak 50 calon jemaah umrah itu dipastikan terkena dampak kebijakan penangguhan kunjungan yang dikeluarkan Arab Saudi.

"Kebijakan dari Kerajaan Arab Saudi tentu berdampak kepada jemaah yang akan berangkat untuk ibadah umrah," ujar Mukti.

Mukti berharap seluruh pihak memahami penangguhan keberangkatan umrah tersebut. 

Pihak travel, kata dia, telah diminta untuk menjelaskan kebijakan itu kepada para calon jemaah.

"Kami sudah meminta agar pihak travel yang memberangkatkan, menjelaskan dengan gamblang bahwa ini murni kebijakan dari Arab Saudi," kata Mukti.

Sebanyak 50 calon jemaah umrah dari Mojokerto itu akan berangkat melalui biro perjalanan umrah, PT An Namiroh Travelindo.

Direktur PT An Namiroh Travelindo, Bagoes Awaluddin mengatakan, para calon jemaah sudah memahami kebijakan yang dikeluarkan Arab Saudi.

Sejauh ini, ungkap dia, para calon jemaah memahami kondisi yang terjadi.

"Dua hari lagi ada jadwal pemberangkatan. Para jemaah sudah mengetahui informasi itu (kebijakan Arab Saudi) dan sudah konfirmasi. Kami menunggu perkembangan," katanya saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis malam.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menangguhkan sementara izin visa untuk tujuan umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi. Kebijakan ini berlaku mulai Kamis (27/2/2020).

Dikutip dari Arab News, Kamis (27/2/2020), Arab Saudi juga telah menangguhkan visa turis yang datang dari negara-negara dengan kasus virus corona.

Otoritas kesehatan Arab Saudi terus memantau perkembangan terkini dari penyebaran virus corona yang mulai menginfeksi sejumlah negara Teluk dalam beberapa hari terakhir.

Tindakan tersebut dilakukan untuk tindakan pencegahan serta perlindungan terbaik bagi keselamatan warga dan setiap orang yang berniat mengunjungi Arab Saudi, baik untuk tujuan umrah maupun wisata.

https://regional.kompas.com/read/2020/02/27/20321491/penangguhan-umrah-50-calon-jemaah-dari-mojokerto-batal-berangkat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke