Salin Artikel

Sering Kena Prank, Dinas Pemadam Kebakaran Ubah Layanan Call Center ke WhatsApp

MAKASSAR, KOMPAS.com – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar sering mendapat penelepon gelap yang memberikan infomasi hoaks atau prank soal kejadian kebakaran yang terjadi di Kota Makassar.

Karena terkena prank, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar pun mengubah layanan pengaduan call center kantor layanan Damkar di nomor 041185444 ke nomor WhatsApp di nomor 0811410113.

Menurut Kabid Ops Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar Hasanuddin, layanan WhatsApp bisa menampilkan nomor telepon pelapor sekaligus bisa menampilkan gambar atau video dan share lokasi.

“Salah satu cara untuk mengatasi prank, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar mengubah layanan via WhatsApp di nomor 0811410113. Di mana dengan layanan WhatsApp, petugas penerima laporan bisa melihat langsung nomor telepon pelapor dan melihat langsung kejadian dengan gambar dan share lokasi atau potongan video untuk memastikan laporan tersebut benar dan bukan hoaks atau prank,” katanya, Selasa (25/2/2020).

Hasanuddin mengungkapkan, terakhir Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar menerima laporan kebakaran di Perumahan Nasional Sudiang, Kecamatan Biringkanaya dari penelpon tak diketahui identitasnya melalui nomor layanan call center.

Petugas pun bergegas ke lokasi kejadian dengan mengerahkan tiga armada Pemadam Kebakaran.

“Sesampainya di lokasi yang dimaksud, petugas bingung mencari titik api dan tidak ada kepulan asap di lokasi yang dimaksud. Dari dulu kejadian begini dan petugas sering kena prank, makanya kita cari solusi mengatasi kejahilan orang tak bertanggungjawab,” tandasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2020/02/25/11483061/sering-kena-prank-dinas-pemadam-kebakaran-ubah-layanan-call-center-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke