Salin Artikel

Ayo Bantu Sarlan, Bocah 6 tahun yang Alami Gizi Buruk, Beratnya Hanya 10 Kg

BUTON TENGAH, KOMPAS.com - Sarlan (6), seorang bocah warga Desa Lowu-lowu, Kecamatan Gu, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara,  harus menjalani perawatan di RSUD Kabupaten Buton Tengah. 

Bocah ini dirawat di RSUD karena menderta gizi buruk dan tuberculosis (TBC) sehingga berat badannya hanya 10 kilogram. 

Ayah Sarlan, Arlan, mengaku tidak punya  uang untuk membiayai pengobatan anaknya yang menjalani perawatan di RSUD, apalagi pekerjaannya hanyalah seorang buruh kasar. 

“Kalau ada yang bisa bantu saya, saya minta tolong bantu saya, karena saya orang tidak mampu,” kata Arlan saat ditemui di RSUD.

Arlan menceritakan, saat ini ia bersama istrinya sudah pisah dan tidak hidup bersama lagi. Anaknya, Sarlan ikut tinggal bersama ibunya.

Namun, selama tinggal bersama ibunya, kehidupan Sarlan tidak menentu karena ibunya mengalami kondisi keterbatasan kemampuan untuk merawatnya. 

“Memang sakitnya karena tinggal sama mamanya. Kami sudah pisah 2 tahun lalu. Dia sakit saat sama mamanya, karena mamanya memang alami gangguan mental,” ujarnya.

Sehingga anaknya setiap hari bertambah kurus dan mengecil sehingga kelihatan lekuk tulang ditubuhnya. 

“Memang saya lihat sudah kurus memang, saya mau ambil untuk berobat mamanya tidak mau. Saya lihat begini, kayak tidak bisa, saya mau ambil tapi mamanya tidak mau,” ucap Sarlan. 

Ayo bantu Sarlan

Sarlan yang mengalami gizi buruk dan TBC harus dibantu agar bisa sembuh dari penyakitnya dan bisa sekolah seperti anak yang lain pada umumnya. 

Kompas.com membantu kehidupan Sarlan dengan melakukan penggalangan dana melalui kitabisa.com agar bisa membantu meringankan beban ayah Arlan. Klik di sini untuk donasi.

https://regional.kompas.com/read/2020/02/20/23204491/ayo-bantu-sarlan-bocah-6-tahun-yang-alami-gizi-buruk-beratnya-hanya-10-kg

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke