Salin Artikel

Jumlah Pasien DBD di Karawang Naik Jadi 38 Orang dari Januari ke Februari

Dari jumlah tersebut, kasus terbanyak terjadi di Kecamatan Cikampek dan Klari.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karawang Yayuk Sri Rahayu mengatakan, terjadi tren peningkatan kasus DBD pada Januari hingga Februari 2020.

"Dari Januari ada 18 dan Februari 20 kasus. Terbanyak di Cikampek dan Klari masing-masing enam kasus," ujar Yayuk ditemui di Kantor Dinkes Karawang, Kamis (20/2/2020).

Sementara pada 2019 lalu, kata Yayuk, terdapat 199 kasus dengan satu orang di Desa Kalangsari, Kecamatan Rengasdengklok meninggal.

"Yang meninggal satu orang. Sementara dua lainnya yang sempat diduga meninggal akibat DBD, berdasarkan hasil penyelidikan tidak terbukti," tambah Yayuk.

Program Jumatik

Berangkat dari hal tersebut, Pemkab Karawang membuat program girik, dimana dalam satu rumah satu pemantau jentik (jumantik), yang diluncurkan tahun lalu.

Pihaknya, kata Yayuk, mengimbau masyarakat untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSM) 3M plus secara serentak.

Di antaranya menguras bak mandi minimal lima hari sekali, menutup penampungan atau bak air, mengubur barang yang berpotensi menjari sarang nyamuk berjentik. 

Membersihkan lingkungan termasuk tempat-tempat yang bisa menampung air, seperti tempat minum burung dan pot.

"Talang-talang juga dibersihkan dan dipastikan air mengalir dan menanam tanaman anti nyamuk," jelasnya.


Banyak minum air putih

Jika masyarakat mengalami gejala DBD, Yayuk mengimbau untuk meminum air putih yang banyak dan segera berobat ke puskesmas atau tenaga medis lain untuk diperiksa dan ditangani lebih lanjut.

Gejalanya yakni demam tinggi secara mendadak, pusing, mual, dan mengalami pendarahan di bawah kulit yang ditandai muncul bintik-bintik merah.

"Bintik-bintik beda dari biasanya, kalau dilebarkan tidak hilang," imbuhnya.

Jika ditemukan positif DBD, Dinkes Karawang bersama puskesmas setempat akan melakukan penyelidikan epidemik dan melakukan fogging. Fogging sendiri hanya membunuh nyamuk dewasa.

"Foging tersebut gratis. Kami tahun ini menganggarkan Rp 150 juta untuk fogging di 150 titik dan Rp 58 juta untuk pembelian alat," ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/02/20/15152471/jumlah-pasien-dbd-di-karawang-naik-jadi-38-orang-dari-januari-ke-februari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke