Salin Artikel

Bangunan SMP di Tasikmalaya Jebol, Kegiatan Belajar Siswa Tak Terganggu

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Para siswa SMPN 3 Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya masih bisa belajar normal meski salah satu bangunan sekolahnya jebol tertimpa material longsor.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya Dede Sudrajat mengatakan, ruangan yang rusak tertimpa longsor bukan merupakan ruang kelas belajar siswa.

Namun, ruangan itu merupakan bangunan ruang keterampilan siswa sekaligus ruang untuk rapat sekolah.

"Proses belajar siswa tadi pagi sama sekali tak terganggu. Namun, bangunan SMPN 3 Jatiwaras itu sampai sekarang masih rawan longsor karena dikelilingi tebing tinggi," jelas Dede kepada wartawan, Senin (17/2/2020).

Sampai sekarang ruangan itu sudah bisa digunakan meski dalam kondisi darurat.

Saat ini ruangan rusak itu dipasangi terpal supaya saat hujan tak masuk air ke ruangan.

BPBD pun telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk perbaikan permanen bangunan sekolah tersebut.

"Kita juga sudah berkoordinasi dengan dinas pendidikan agar bisa diperbaiki secara permanen dengan TPT (tembok penahan tebing). Sebab dikawatirkan akan kembali longsor karena banyak mata air di tebing itu," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, bangunan SMPN 3 Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya rusak akibat bencana longsor usai diguyur hujan deras disertai angin kencang sejak Sabtu (15/2/2020) sore kemarin.

Akibatnya, dinding kelas jebol serta atapnya rusak parah karena hantaman material longsor dari sebuah bukit setinggi sekitar 10 meter.

"Kalau korban jiwa tidak ada karena sekolah kondisinya sedang libur, namun dinding kelas di depan bangunan itu jebol dan atapnya rusak para karena longsoran tanah," jelas Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tasikmalaya Nuraedin, kepada wartawan, Minggu (16/2/2020).

https://regional.kompas.com/read/2020/02/17/22273651/bangunan-smp-di-tasikmalaya-jebol-kegiatan-belajar-siswa-tak-terganggu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke