Salin Artikel

Cerita Ulus, Warga Tasikmalaya: Ingin Kembali Bekerja ke China Setelah Lolos Karantina Natuna

Seusai pemulangan seluruh peserta karantina Natuna pada Sabtu (15/2/2020) kemarin, Ulus mengaku ingin secepatnya kembali ke Wuhan, China apabila statusnya dinyatakan telah aman oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Soalnya, Ulus mengaku memiliki tanggung jawab pekerjaan selama ini sebagai salah satu karyawan di perusahaan elektronik Snizer Electronic di Wuhan, China.

"Saya berterimakasih kepada Pak Jokowi, kepada Pemerintah Indonesia telah evakuasi saya ke Indonesia karena di sana bahaya virus corona," jelas Ulus saat dimintai keterangan di rumah orang tuanya, Minggu (16/2/2020) pagi.

"Tapi, saya juga punya tanggungjawab pekerjaan di sana, saya pasti ingin secepatnya pulang ke Wuhan lagi kalau statusnya sudah aman." 

Selama kepulangannya di Tasikmalaya, Ulus mengaku tak pernah ada penjemputan khusus dari Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.

"Tidak ada penjemputan khusus oleh pemda di sini. Saya seperti pulang biasa saja tadi jam satu subuh saya tiba rumah. Saya perasaan biasa saja, kalau keluarga saya senang semua karena saya sehat," ujar Ulus sembari mengaku baru bangun tidur kepada awak media yang menunggunya sejak pagi tadi.

Selama ini para tetangga Ulus, menerima seperti biasa kepulangannya ke kampung halaman.

Meskipun sebelumnya sempat ikut khawatir kalau dirinya akan terkena dan menyebarkan virus Corona di lingkungan tempat tinggalnya.

"Saya memang komunikasi saat di Wuhan tiap hari dengan keluarga, dan memastikan saya baik-baik saja di sana saat itu. Namun, karena ada proses evakuasi oleh Indonesia di Wuhan, saya minta izin ke perusahaan saya, dan saya diizinkan pulang dulu ke Indonesia," ujar Ulus.

Sehingga dirinya pun saat akan dibawa ke Indonesia dinyatakan sehat bersama ratusan WNI lainnya.

"Kalau saya gak apa-apa seperti saat liburan saja, gak ada yang khusus. Saya sehat dan tak perlu dikhawatirkan. Keluarga saya yang sangat bahagia melihat saya," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, warga sekitar rumah Ulus, baru mengetahui kalau ada WNI asal Kabupaten Tasikmalaya yang dikarantina selama ini dan mereka khawatir terjadi penyebaran virus Corona.

Namun, sebagian besar warga di lingkungan Ulus, akan menerima warganya tersebut dan menyerahkan penanganan virus coronanya sebagai tanggungjawab Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.

"Saya baru hari kemarin mendapatkan informasi dari Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya bahwa ada warga Cipatujah yang dikarantina di Natuna usai evakuasi WNI di Wuhan China," jelas Kepala Desa Tobongjaya, Dedi Rohmatandi, saat dimintai keterangan di kantornya, Sabtu (15/2/2020) kemarin.

"Ulus Rusdiana namanya dan akan dipulangkan katanya hari ini. Ini sebagai anugerah terbesar yang diberikan karena bisa selamat, sehat dan bebas dari virus corona."

https://regional.kompas.com/read/2020/02/16/13381141/cerita-ulus-warga-tasikmalaya-ingin-kembali-bekerja-ke-china-setelah-lolos

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke