Salin Artikel

Ribuan Naskah Kuno di Solo yang Berusia Ratusan Tahun Didigitalisasi

Hal tersebut untuk melestarikan dan menjaga keutuhan naskah sekaligus melindungi saksi dari peninggalan sejarah dari kerusakan.

Proses digitalisasi naskah kuno koleksi Mangkunegaran itu telah mencapai 30 persen atau sekitar 3.132 koleksi.

Sedang sisanya masih dalam proses. Sebab, digitalisasi diutamakan bagi naskah yang kondisinya sudah rusak.

"Ada 11.000 buku koleksi Mangkunegaran. Dari jumlah itu 700 di antaranya adalah manuskrip kuno," kata Pengelola Rekso Pustoko nama perpustakaan Pura Mangkunegaran Solo, Darweni, Jumat (14/2/2020).

Proses digitalisasi naskah kuno tersebut katanya tidak dilakukan sendiri. Namun, melibatkan dengan pihak ketiga.

Dengan adanya digitalisasi, pengunjung perpustakaan Pura Mangkunegaran Solo bisa langsung mengakses melalui online untuk membaca naskah kuno.


Darweni mengungkapkan proses digitalisasi naskah kuno koleksi Pura Mangkunegaran tersebut ditargetkan selesai enam bulan ke depan.

Selain diutamakan naskah kuno yang kerusakannya parah, digitalisasi juga dilakukan terhadap naskah yang paling banyak dibaca pengunjung.

Direktur PT Unibless Indo Multi selalu pihak ketiga, Sylvie Selyn Sembiring mengatakan, proses digitalisasi naskah kuno harus dilakukan secara berhati-hati.

Sebab, kondisi naskah sangat rapuh karena usianya ada yang mencapai 300 tahun. Kalau tidak dilakukan secara hati-hati bisa membuat naskah tersebut rusak dan tidak bisa digitalisasi.

"Kita sangat hati-hati dalam melakukan digitalisasi. Kalau tidak naskah kuno ini bisa robek. Sehingga harus pelan-pelan membukanya dan mendigitalkannya," katanya.

Dia mengungkapkan sudah sekitar 400.000 lembar naskah kuno yang digitalisasi. Pihaknya berharap dalam waktu enam bulan proses digitalisasi naskah kuno bisa selesai.

"Estimasi awal kita targetkan 12 bulan. Kami menyelesaikan dalam waktu enam bulan dan satu bulan finishing," imbuh dia.

https://regional.kompas.com/read/2020/02/14/11580841/ribuan-naskah-kuno-di-solo-yang-berusia-ratusan-tahun-didigitalisasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke