Salin Artikel

Tim Evakuasi Lakukan Pendakian ke Lokasi Jatuh Helikopter MI 17

"Rencananya tim pagi ini akan mendaki ke titik puing-puing MI 17 terlihat, tadi pagi cuaca di sana cerah," ujar Wakapendam XVII/Cenderawasih Letkol Dax Sianturi, saat dihubungi melalui telepon, Jumat (14/2/2020).

Heli Bell milik TNI yang berada di Bandara Oksibil telah terbang mengantarkan logistik untuk tim evakuasi. 

Namun, Dax mengaku belum memperoleh informasi apakah tim telah berhasil mencapai lokasi puing-puing helikopter tersebut.

"Sampai sekarang belum ada laporan," kata dia.

Kondisi cuaca di wilayah pegunungan tengah Papua yang kerap berubah dalam waktu singkat, juga menjadi kendala tim evakuasi.

Dax menegaskan tim evakuasi hanya memiliki waktu 1-2 jam untuk melakukan pendakian bila cuaca sedang cerah.

Sebelumnya diberitakan, Helikopter MI-17 dengan nomor registrasi HA-5138 milik Penerbangan TNI AD hilang kontak saat terbang dari Bandara Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang ke Bandara Sentani Jayapura, Papua, Jumat (28/6/2019).

Helikopter dilaporkan membawa 12 orang terdiri dari 7 orang kru dan 5 orang personel Satgas Yonif 725/Wrg yang akan melaksanakan pergantian pos.

Pada Senin (10/02/2020), Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen Herman Asaribab telah mengonfirmasi titik kordinat jatuhnya heli MI-17 milik TNI AD yang hilang kontak di Pegunungan Bintang, Papua, sejak 28 Juni 2019, ditemukan.

Puing-puing MI-17 terlihat di salah satu tebing di Pegunungan Mandala, Distrik Oksop, Kabupaten Pegunungan Bintang.

"Selanjutnya kita akan fokus untuk melakukan kegiatan evakuasi terhadap korban. Evakuasi harus dipersiapkan dengan matang mengingat lokasi puing berada di tebing dengan sudut hampir 90 derajat," ujar Asaribab.

Pada Kamis (13/02/2020) pagi, tim evakuasi akhirnya berhasil didaratkan di Pegunungan Mandala.

Namun 5 unit Heli Bell yang mengantar tim hanya bisa menurunkan mereka di ketinggian 11.000 kaki, sedangkan lokasi puing-puing MI 17 di 12.500 kaki.

https://regional.kompas.com/read/2020/02/14/10303731/tim-evakuasi-lakukan-pendakian-ke-lokasi-jatuh-helikopter-mi-17

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke