Salin Artikel

Karantina Corona Selesai, Khofifah akan Kawal Kepulangan 65 Warganya

Kementerian Kesehatan memastikan 65 warga Jatim dari Wuhan, China, itu sehat dan diperbolehkan kembali ke daerah asalnya.

Khofifah selalu berkoordinasi dengan tim Kementerian Kesehatan hingga seluruh warga Jatim tiba di rumah masing-masing.

"Kami akan kawal betul proses pemulangannya, untuk memastikan ke 65 orang tersebut bisa kembali sehat dan kembali berkumpul dengan keluarganya," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Jumat (14/2/2020).

Khofifah menyampaikan, kabar kepulangan 65 warga asal Jatim itu sudah dinantikan keluarga mereka.

Ia pun mengimbau masyarakat Jawa Timur tidak khawatir berlebihan menanggapi kepulangan WNI asal Jatim dari Wuhan, China tersebut.

Khofifah memastikan seluruh WNI tersebut dalam kondisi sehat.

"Kementerian Kesehatan sudah melakukan observasi selama 14 hari dan tidak ada satupun dari mereka yang menunjukkan gejala terinfeksi virus corona," jelas Khofifah.

Meski begitu, Mantan Menteri Sosial ini tetap mengingatkan seluruh masyarakat agar tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Masyarakat diminta tidak menyepelekan jika ada anggota keluarga yang mengalami demam tinggi disertai sesak mafas dan batuk layaknya terinfeksi virus corona.

"Kalau ada anggota keluarga yang panas tinggi, batuk, serta sesak nafas, agar segera melakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat dan melaporkan ke Dinas Kesehatan kabupaten atau kota setempat," kata Khofifah.

Pemprov Jatim menyiapkan tiga rumah sakit untuk mengantisipasi virus corona, yakni RS dr. Soetomo Surabaya, RS Dr Syaiful Anwar Malang, dan RS dr. Soedono Madiun.

Untuk diketahui, dari 238 WNI yang dibawa pulang dari Wuhan Tiongkok, sebanyak 65 di antaranya berasal dari Jawa Timur.

Rinciannya dari Sidoarjo 3 orang, Surabaya 34 orang, Tuban 1 orang, Banyuwangi 1 orang, Bojonegoro 1 orang, Bondowoso 1 orang, Gresik 1 orang, Jember 1 orang, Kediri 4 orang, Lamongan 2 orang, Lumajang 4 orang, Malang 7 orang, Pamekasan 1 orang, Ponorogo 1 orang, dan Probolinggo 3 orang.

https://regional.kompas.com/read/2020/02/14/10133721/karantina-corona-selesai-khofifah-akan-kawal-kepulangan-65-warganya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke