Salin Artikel

60 Gempa Susulan Guncang Maluku Tengah, Warga Diminta Tetap Tenang

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon mencatat sebanyak 60 gempa terjadi hingga Minggu (9/2/2020) malam.

“Sampai pukul 21.00 WIT malam ini sudah 60 kali gempa susulan terjadi,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Ambon, Andi Azhar Rusdin saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (9/2/2020).

Gempa susulan paling kuat tercatat dengan magnitudo 5,0. Masyarakat hanya merasakan sekitar 10 dari 60 gempa susulan tersebut.

Andi menegaskan gempa susulan yang terjadi merupakan hal biasa. 

Ia mengimbau masyarakat di Kabupaten Maluku Tengah tetap tenang dan waspada. Masyarakat diminta menghindari bangunan yang rentan roboh saat gempa terjadi.

"Warga harus tetap tenang tapi juga waspada, kalau ada getaran gempa dirasakan hindari bangunan yang mudah roboh,” kata Andi.

Sahdan Fabanyo, warga Kobisonta, Kecamatan Seram Utara, mengatakan masyarakat masih waspada karena gempa susulan yang terus terjadi.

“Tadi malam itu kita tidak tidur di rumah karena gempa terus dirasakan,” katanya.

Sebelumnya, gempa bermagnitudo 5,6 mengguncang kabupaten Maluku tengah pada Sabtu sore. Gempa tersebut merusak lima rumah warga, fasilitas air bersih, dan sebuah bangunan kelapa sawit milik PT Nusa Ina. 

https://regional.kompas.com/read/2020/02/10/05221491/60-gempa-susulan-guncang-maluku-tengah-warga-diminta-tetap-tenang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke