Salin Artikel

Diguyur Hujan Semalaman, 9 Rumah di Sukabumi Nyaris Tertimbun Longsor

SUKABUMI, KOMPAS.com - Tanah longsor menerjang Kampung Ciseureuh, Desa Bojongkerta, Kecamatan Warungkiara, Sukabumi, Jawa Barat, menyebabkan sembilan rumah yang dihuni 10 kepala keluarga nyaris tertimbun. 

Ketua RT001/RW006 Aji Cahyadi (30) mengatakan, longsor terjadi akibat hujan deras mengguyur wilayahnya semalaman. 

"Longsor ini kejadiannya kemarin pagi. Saya melihat langsung saat tanah longsor ini bergerak, namun lambat, ya sekitar sepuluh menit," ungkap Aji kepada Kompas.com di lokasi kejadian, Jumat (7/2/2020).

Dia menuturkan, bencana tanah longsor ini merupakan susulan dari kejadian hari sebelumnya, Rabu (5/2/2020).

"Sejak subuh juga sudah mendengar suara berisik, hingga akhirnya saya pagi-pagi terus keluar dan memantau lahan yang longsor. Saat itulah longsor kembali terjadi lebih besar," tutur dia.

Akibatnya, 9 rumah yang dihuni 10 KK atau sekitar 50 jiwa terancam tergerus material longsoran. 

Seorang warga lainnya, Aan (58) mengakui melihat langsung kejadian tanah longsor hari  pertama saat berjalan menuju ke kebun.

"Saya mendengar suara berisik dari arah kebun, dan saya juga melihat tanah longsor. Sedangkan suami saya berada di atas tanah yang longsor sambil mengingatkan saya," kata Aan.

Setelah kejadian itu, dia mengaku khawatir longsor susulan kembali terjadi.

"Karena takut ada longsoran susulan akhirnya tengah malam saya dan suami memutuskan mengungsi ke rumah saudara di belakang rumah," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2020/02/07/23271681/diguyur-hujan-semalaman-9-rumah-di-sukabumi-nyaris-tertimbun-longsor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke