Salin Artikel

Arumi Bachsin Serahkan Bantuan kepada Korban Banjir Bandang Bondowoso

KOMPAS.com – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Jawa Timur (Jatim) Arumi Bachsin Emil Dardak meninjau langsung lokasi terdampak banjir di Desa Sempol dan Kalisat, Kecamatan Ijen, Bondowoso, Kamis (6/2/2020).

Ia juga menyerahkan bantuan berupa pakaian, selimut, dan keperluan anak kepada para korban banjir bandang yang terjadi sepekan lalu.

"Kedatangan kami adalah untuk bersilaturahim dan menyampaikan keprihatinan atas bencana yang kemarin terjadi, serta melihat proses healing pascabencana,” ujar Arumi dalam keterangan tertulis.

Istri Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak itu berpesan kepada masyarakat agar ikhlas terhadap kejadian bencana yang sudah terjadi.

“Yang jelas, panjenengan (Anda) tidak sendiri karena banyak pihak yang akan membantu pemulihan pascabencana ini,” imbuh dia.

Pelajaran untuk wilayah lain

Menurut Arumi, hasil analisis bencana dari Pemerintah Kabupaten Bondowoso menjadi bahan pelajaran dan imbauan bagi wilayah lain di Jatim dengan kontur alam serupa.

Untuk sektor wisata, imbuh dia, kawasan Ijen saat ini sudah kembali aman. Masyarakat pun sudah siap menerima kembali para wisatawan.

“Hal ini terlihat dari warga yang sudah mulai menjalankan rutinitasnya kembali. Kami berharap kedatangan wisatawan bisa memberi keceriaan bagi masyarakat,” ujar Arumi.

Sementara itu, berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), korban terdampak banjir di Desa Kalisat adalah 2.028 jiwa dan di Desa Sempol sebanyak 1.996 jiwa.

Menurut Sekda Kabupaten Bondowoso, Syaifullah, kerugian materiil karena banjir diperkirakan mencapai Rp 1,8 miliar, mulai dari ternak, kendaraan, hingga rumah.

Saat ini, imbuh dia, kondisi lingkungan sudah mulai pulih. Beberapa rumah yang rusak juga sudah diperbaiki.

“Kami juga tengah menyiapkan relokasi bagi rumah-rumah yang berada di atas aliran sungai di wilayah yang lebih aman," ujar Syaifullah.

Turut hadir mendampingi Arumi, Ketua TP PKK yang tergabung se wilayah Bakowil Jember dan Kepala OPD di lingkup Kabupaten Bondowoso.

https://regional.kompas.com/read/2020/02/07/10123841/arumi-bachsin-serahkan-bantuan-kepada-korban-banjir-bandang-bondowoso

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke