Salin Artikel

Berpengalaman Tangani Flu Burung, RSU Garut Siap Jadi Rujukan Pasien Virus Corona

Ruangan isolasi bagi pasien suspect virus corona dengan berbagai kelengkapannya pun telah disiapkan oleh RSU dr Slamet Garut.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengakui, RSU Garut telah menyiapkan ruangan isolasi khusus untuk pasien terduga corona.

Selain ruangan, kebutuhan lainnya pun telah disiapkan untuk mengantisipasi adanya pasien yang suspect corona.

"Jadi kita kan pernah punya pengalaman dalam penanganan virus flu burung, prinsip penanganannya tidak jauh beda," jelas Helmi yang juga seorang dokter umum, Senin (3/2/2020).

Ditemui terpisah, Kepala Bidang pelayanan RSU dr Slamet Garut Zaini Abdillah mengakui, ruang isolasi bagi pasien terduga corona memang telah disiapkan di RSU Garut beserta fasilitas pendukungnya.

"Tim sudah dibentuk dan di SK kan, anggotanya dokter-dokter spesialis dari mulai dokter spesialis dalam, paru hingga spesialis anak," jelas Zaini, Senin (2/02/2020).

Kesiapan RSU dr Slamet Garut untuk menjadi rujukan tempat perawatan pasien terduga virus corona dilakukan setelah Kementerian Kesehatan memerintahkan semua rumah sakit yang pernah menangani flu burung menyiapkan fasilitas ruang perawatab bagi pasien terduga virus corona.

"Di Jawa Barat rumah sakit yang pernah menangani flu burung hanya ada lima atau enam rumah sakit," jelas Zaini.

Zaini mengakui, pola penanganan pasien terduga virus corona, hampir sama dengan flu burung yang disebabkan virus Avian Influenza atau flu burung. 

https://regional.kompas.com/read/2020/02/03/20581921/berpengalaman-tangani-flu-burung-rsu-garut-siap-jadi-rujukan-pasien-virus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke