Salin Artikel

Tiba di Makassar, 10 Mahasiswa Asal Sulsel yang Datang dari China Negatif Virus Corona

Dari China, 10 mahasiswa tersebut menggunakan pesawat dan tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. 

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar Darmawali Handoko mengatakan, 10  mahasiswa yang tiba negatif terjangkit virus corona. 

"Tidak ada masalah, tidak ada gejala apa-apa, aman-aman saja, bukan dari daerah terjangkit. Sekarang masih dalam pemantauan dan tidak ada masalah," kata Darmawali saat diwawancarai di kantor DPRD Sulsel, Senin (3/2/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan Muhammad Ichsan mengungkapkan, mahasiswa yang tiba di Makassar tersebut tidak berkuliah di Wuhan, daerah tempat virus corona bermula.  

Meski begitu, sewaktu tiba di Makassar, para mahasiswa langsung diperiksa dan ditangani oleh petugas kesehatan di bandara.  

"Jadi seperti yang saya sampaikan, 10 orang itu tidak ada masalah terkait dengan virus karena sudah diperiksa dengan baik di bandara. Itu jaminan," ujar Ichsan. 

Ichsan mengatakan, pemeriksaan kesehatan tidak hanya dilakukan bagi warga yang datang dari China, tapi juga semua pendatang dari negara manapun. 

Saat ini, kata Ichsan, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Dinas Sosial Sulawesi Selatan untuk mengetahui jumlah warga Sulawesi Selatan yang berada di China. 

"Jadi yang kuasai dinas sosial bagaimana menghubungi keluarganya dan data itu akan disampaikan dengan dinas kesehatan," imbuh Ichsan. 

Ichsan mengimbau bagi warga yang datang dari luar negeri dan merasakan gejala demam yang tidak biasa untuk segera memeriksakan ke RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar. 

 "Kalau terasa dia demam dan batuk maka segeralah ke fasilitas kesehatan terdekat untuk diperiksa. Artinya kan belum pasti terinfeksi dengan novel corona virus tapi kalau memang terinfeksi maka segerahlah ke RS Wahidin," tutup Ichsan. 

https://regional.kompas.com/read/2020/02/03/15110621/tiba-di-makassar-10-mahasiswa-asal-sulsel-yang-datang-dari-china-negatif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke