Salin Artikel

Cegah Penularan Virus Corona, Petugas Rumah Sakit di Jateng Wajib Pakai Masker Khusus

SEMARANG.KOMPAS.com - Merebaknya wabah virus corona membuat petugas rumah sakit diwajibkan memakai perlengkapan pelindung diri berupa masker.

Masker yang digunakan bukan yang biasa tetapi dianjurkan menggunakan masker yang memiliki spesifikasi khusus yakni jenis masker N95.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap resiko penularan virus corona.

"Kita wajibkan semua rumah sakit memerintahkan tim medisnya memakai masker spesifikasi khusus terutama yang jenis N95," kata Yulianto di Kantor Gubernuran, Jalan Pahlawan Semarang, Rabu (29/1/2020).

Penggunaan masker N95 ini sangat dianjurkan karena memiliki bahan material khusus yang mampu mencegah penularan virus corona.

"Masker N95 bisa dibeli dan mudah didapatkan di apotek-apotek. Belilah yang masker warna biru karena di dalamnya punya kandungan khusus yang efektif menghalau penularan virus," jelas Yulianto.

Sedangkan untuk penanganannya, kata Yulianto, tim medis juga harus menyiapkan ruang isolasi dengan fasilitas yang memadai.

Aturan tersebut sudah ditetapkan dari hasil koordinasi dengan Dinkes seluruh daerah di Jateng.

"Kita sudah minta menyiapkan ruang isolasi di setiap rumah sakit. Lalu kacamata untuk pelindung mata, helm dan perlengkapan obat-obatan yang diperlukan. Ini statusnya wajib terutama di 10 rumah sakit yang jadi rujukan pasien suspect virus corona," katanya.

Pihaknya juga telah menginstruksikan kepada setiap kepala Dinkes untuk melaporkan perkembangan wilayahnya terkait wabah virus corona setiap harinya.

"Semua rumah sakit wajib terima rujukan pasien suspect virus corona. Kami juga rutin kirimkan sampel usap tenggorokan dan hidung ke Balitbangkes untuk melakukan observasi terhadap pasien yang diduga terindikasi suspect virus corona," ujarnya.

Sementara, pengawasan juga diperketat di bandara dan pelabuhan dengan melakukan koordinasi dengan tim KKP.

Alat deteksi suhu tubuh telah dipasang di dua bandara di Jawa Tengah, yakni, Bandara Adisoemarmo Solo dan Bandara Ahmad Yani Semarang.

"Seluruh bandara dan pelabuhan harus melakukan pengawasan yang ketat dan menyiapkan posko kesehatan. Pos-pos informasi kita buka di pelabuhan dan bandara karena banyak warga membutuhkan penjelasan-penjelasan mengenai penyebaran virus corona," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/01/29/16150071/cegah-penularan-virus-corona-petugas-rumah-sakit-di-jateng-wajib-pakai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke