Salin Artikel

Harapan Ridwan Kamil pada Gebrakan Rektor Baru ITB Reini Wirahadikusumah

Bahkan, Ridwan mengaku akan segera menggelar rapat khusus bersama Reini serta kabinetnya untuk membahas program strategis di Jawa Barat.

"Usia beliau relatif muda untuk ukuran pejabat. Jadi kita doakan lancar," ujar Emil, sapaan akrabnya usai menghadiri pelantikan rektor ITB di Jalan Ganesha, Bandung, Senin (20/1/2020).

"Kami minta pertolongan ITB untuk inovasi-inovasi pemerintahan teknologi itu akan dikerjasamakan lebih intensif bersama beliau."

"Mungkin Minggu depan kita akan rapat khusus Pemprov Jabar dengan ITB," kata Emil. 


Kampus ITB di Cirebon

Salah satu yang akan dibahas adalah kehadiran kampus ITB di Cirebon.

Ia berharap di bawah pimpinan Reini ITB Cirebon bisa menjadi instrumen pengembangan sumber daya manusia di Jawa Barat.

Saat ini ITB Cirebon masih dalam tahap konstruksi. Jika gedung perkuliahan utama bisa selesai tahun ini, besar kemungkinan kampus ITB Cirebon mulai bisa digunakan pada tahun depan.

"Mudah-mudahan dalam kepemimpinan Prof Reini bisa kita bereskan secepatnya sehingga pengembangan SDM Unggul khususnya di Pantura untuk keadilan pendidikan di Jabar bisa dibantu oleh ITB di Cirebon," ucap Emil.

Emil juga menitipkan agar Reini bisa membantu Pemprov Jabar dalam pengembangan karakter SDM yang mengacu pada empat nilai yakni, kecerdasan, akhlak, iman, dan fisik.

"Basisnya bisa bersaing berinovasi. Tapi tadi saya titipkan empt manusia unggul Jabar. IQ kecerdasan, EQ akhlak, SQ keberimanan, dan fisik. Kalau boleh empat itu muncul dibantu perguruan tinggi," jelasnya.


Rektor perempuan pertama dalam sejarah ITB

Seperti diberitakan, Majelis Wali Amanat (MWA) Intstitut Teknologi Bandung (ITB) secara resmi melantik Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph. D sebagai rektor ITB periode 2020-20205. Reini merupakan rektor perempuan pertama dalam perjalanan ITB.

Proses pelantikan dilaksanakan di Aula Barart ITB, Jalan Ganesha No. 10, Kota Bandung, Senin (20/1/2020).

Hadir dalam acara itu, Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan para tokoh Jawa Barat lainnya.

Ketua MWA ITB Yani Panigoro mengatakan, terpilihnya Reini menjadi catatan sejarah penting ITB yang tahun genap berusia 100 tahun.

"Hadirnya rektor perempuan ITB bagi civitas merupakan terobosan sejarah untuk seluruh warga kamus. Selain itu, beliau juga tercatat sebagai rektor perempuan pertama dalam 100 tahun eksistensi ITB," kata Yani dalam sambutannya.

Selain meminta untuk meningkatkan ranking ItmTB ditingkat global, Yani juga menitipkan agar program yang dibawa oleh Reini bisa memberikan perhatian lebih terhadap program pemerintah pusat.

https://regional.kompas.com/read/2020/01/20/12495861/harapan-ridwan-kamil-pada-gebrakan-rektor-baru-itb-reini-wirahadikusumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke