Salin Artikel

4 Rumah Warga, Kantor, Bengkel dan Warung Hancur Dihantam Banjir Bandang di Tanah Datar

Selain itu, satu kantor PDAM, warung milik warga, bengkel dan usaha perabot warga juga hancur dihantam banjir bandang.

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah mencatat ada empat rumah warga yang rusak berat, satu rusak sedang dan tiga rusak ringan akibat banjir bandang di Tanah Datar," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur yang dihubungi Kompas.com, Minggu (19/1/2020).

Rumainur menyebutkan banjir bandang itu disebabkan hujan deras yang melanda Tanah Datar sejak Kamis (16/1/2020) malam hingga Jumat (17/1/2020).

Selain rumah warga, kantor, warung, bengkel dan usaha perabot warga yang terdampak, juga dilaporkan satu unit mobil dan sepeda motor hanyut dibawa air banjir bandang.

Material longsor menutupi badan jalan sepanjang 200 meter dengan tinggi hingga 1,5 meter.

"Namun sekarang akses jalan sudah bisa dilewati dengan lancar," kata Rumainur.

Rumainur mengimbau masyarakat Sumbar agar terus meningkatkan kewaspadaan karena kondisi cuaca sering ekstrem, kadang hujan lebat dan kadang panas terik.

"Betul BMKG sudah merilis kondisi cuaca di Sumbar yang ekstrem dimana kadang hujan lebat dan kadang panas terik. Ini perlu diwaspadai," kata Rumainur.

https://regional.kompas.com/read/2020/01/19/13410391/4-rumah-warga-kantor-bengkel-dan-warung-hancur-dihantam-banjir-bandang-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke