Salin Artikel

Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadiri Haul Fatmawati Soekarno di Bengkulu

Jokowi akan didampingi Ibu Negara Iriana serta Megawati Soekarno Putri dan Puan Maharani.

Dalam keterangannya di hadapan awak media, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menjelaskan, ada beberapa agenda besar yang harus dipersiapkan bersama keluarga besar Fatmawati Soekarno dalam rangka kegiatan Haul Ibu Agung Fatmawati Soekarno pada tanggal 5 Februari 2020 nanti.

Pertama, kata Gubernur Rohidin, peresmian Monumen Ibu Agung Fatmawati Soekarno Penjahit Bendera Pusaka Merah Putih yang akan dipusatkan di lokasi monumen di Simpang Lima Kota Bengkulu.

Penjahitan Simbolis Bendera Merah Putih, yang rencannya dilakukan oleh Ibu Negara Iriana, berlokasi di rumah Ibu Fatmawati Soekarno, di Kelurahan Penurunan, Kota Bengkulu.

"Rencananya akan didatangi langsung Bapak Presiden Joko widodo, Insya Allah, beserta Ibu Negara Iriana serta ibu Megawati Soekarno dan Puan Maharani," kata Gubernur Rohidin dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Kamis (16/01/2020).

Rohidin mengatakan, pihaknya baru saja memimpin rapat lanjutan membahas kesiapan kegiatan tersebut bersama yayasan dan keluarga besar Fatmawati Soekarno, di Ruang Rapat Rafflesia Kantor Gubernur Bengkulu,

Selain itu, jelas Gubernur Rohidin, Presiden Jokowi juga akan melakukan groundbreaking (peletakan batu pertama) pembangunan Jalan Tol Bengkulu-Lubuk Linggau di Desa Tabalagan, Kecamatan Talang Empat, Kabupaten Bengkulu Tengah.

Peresmian UIN Fatmawati

Lanjut Rohidin, agenda lainnya Presiden Jokowi di Bengkulu adalah peresmian transformasi IAIN Bengkulu menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Bengkulu, di Kampus IAIN Bengkulu.

"Ini menjadi sesuatu yang sangat monumental. Kita bangun monumennya, dan kita juga bangun universitas dengan nama beliau (Fatmawati Soekarno)," katanya.

Terakhir, kata Gubernur, pihaknya juga akan menggelar Rapat Kerja Nasional Program Pendidikan dan Kader dari Majelis Perserikatan Muhammadiyah.

"Ini ada lima agenda dan tadi kita sinkronkan antara kepanitiaan yang dibentuk dari pusat melalui yayasan dengan kepanitiaan dari Pemprov Bengkulu," kata Gubernur Rohidin.

Guna memastikan kesiapan setiap agenda di lapangan, pihakanya membuat susunan kepanitiaan untuk saling berkoordinasi.

"Ini akan menjadi bahan saya untuk menyampaikan roundown kepada protokol istana agar nanti betul-betul sinkron, yang dilaksanakan pada tanggal 5 Februari nanti," ujar Gubernur Rohidin.

Ketua yayasan Fatmawati Soekarno, Hj Hildawati Hasan Din mengatakan, pihaknya sebagai keluarga besar Fatmawati Soekarno sangat mendukung dan bersyukur dengan adanya kegiatan ini.

Sebab, kegiatan ini dapat mengenang sejarah Pahlawan Nasional dari Bengkulu yang menjahit Sang Saka Merah Putih.

"Kami sangat bergembira karena Ibu Fatmawati sebagai Pahlawan Nasional memiliki monumen di Bengkulu ini, agar anak cucu kita nanti tidak melupakan sejarahnya, siapa yang membuat Bendera Pusaka Merah Putih itu," sebut Hildawati, yang merupakan adik kandung Ibu Agung Fatmawati Soekarno.

https://regional.kompas.com/read/2020/01/17/20190841/presiden-jokowi-dijadwalkan-hadiri-haul-fatmawati-soekarno-di-bengkulu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke