Salin Artikel

Surabaya Banjir, Jalan Protokol Tergenang hingga 1 Meter

Pantauan Kompas.com, sejumlah jalan protokol yang terendam banjir berada di Jalan Mayjen Sungkono Jalan Adiryawarman, Jalan Hayamwuruk, dan Jalan Indragiri.

Bahkan, pada sore hari tadi, air yang menggenangi Jalan Mayjen Sungkono mencapai 1 meter.

Sejumlah mobil dan sepeda motor yang terparkir di sejumlah tempat parkir di Jalan Mayjen Sungkono terlihat terendam. Bahkan sejumlah sepeda motor mogok karena pengendara menerobos jalan yang digenangi air.

Kepala BPB Linmas Kota Surabaya Eddy Christijanto mengatakan, intensitas hujan cukup deras sehingga menyebabkan sejumlah jalan protokol terendam banjir.

"Ini hujan jam 16.00 sampai jam 17.00 hujan terus menerus dengan curah hujan 100 ml per detik lebih, kategori deras. Pada awal-awal itu kan hujannya cuma 5 menit cuma diikuti angin kencang. Kalau ini deras selama sejam," kata Eddy dihubungi, Rabu (15/1/2020).

Menurut Eddy, beberapa genangan yang dipantau ada dua, yakni di kawasan Villa Bukit Mas Surabaya dan Jalan Mayjen Sungkono.

"Di sini genangan air sekitar 1 meter. Setelah saya cek, pengelola ruko pengelolaan sampahnya perlu dievaluasi. Di pintu air luar biasa sampahnya, sampah botol, kayu, plastik banyak sekali. Itu salah satu penyebabnya. Itu wewenang swasta bukan kita," ujar dia.


Sementara itu, berdasarkan laporan anggotanya di sejumlah jalan protokol lainnya, genangan air mencapai 20-30 sentimeter. Namun, dia memastikan setelah hujan reda, genangan air disebut akan segera surut.

Eddy menuturkan, beberapa sepeda motor di sejumlah jalan protokol yang terendam banjir sempat mogok. Namun, tidak ada permukiman warga yang terendam.

"Kalau di Surabaya surutnya cepat, hujan selesai langsung surut. Saya tadi belum evaluasi apakah pintunya telat buka atau tidak," ujar dia.

Akibat genangan air imbas adanya hujan deras, arus lalu lintas di Bukit Mas maupun di Jalan Mayjen Sungkono terpantau padat.

Petugas Linmas Pemkot Surabaya terus melakukan pengecekan ke lokasi untuk memantau genangan air dan membantu warga yang kesulitan menerobos genangan banjir.

https://regional.kompas.com/read/2020/01/15/23492371/surabaya-banjir-jalan-protokol-tergenang-hingga-1-meter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke