Salin Artikel

Viral Video Pergerakan Tanah di Sungai Ci Durian Bogor, Ini Penjelasan BNPB

Video tersebut beredar pada Senin (6/1/2020).

Dilansir dari bnpb.go.id dijelaskan bahwa peristiwa tersebut terjadi di Kecamatan Jasingan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Video tersebut direkam oleh Hidup, warga Harkat Jaya pada Senin (6/1/2020) jam 06.00 WIB di  Sungai Ci Durian Desa Ciberit, Sukajaya, Bogor Barat.

Menurut keterangan Agus Wibowo Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, dari penjelasan Bupati Lebak, peristiwa tersebut terjadi di aliran Sungai Ci Durian yang melalui Kecamatan Curug Bitung dan Kecamatan Maja.

Pergerakan tanah telah terjadi satu hari sebelumnya setelah hujan deras pada malam hari yang mengakibatkan material longsoran ikut mengalir di Sungai Ci Durian pada pagi harinya..

"Sungai Ci Durian merupakan sungai yang mengalir dari Pegunungan Halimun melewati Kabupaten Bogor dan Banten kemudian bermuara di Laut Jawa," jelas Agus dalam keterangan tertulisnya di bnpb.go.id.

Untuk itu ia menghimbau agar masyarakat khusunya yang tinggal di Kecamatan Curug Bitung atau yang tinggal di kawasan yang dilalui Sungai Ci Durian agar meningkatkan kewaspadaan dan mengungsi ke tempat yang lebih aman.

https://regional.kompas.com/read/2020/01/07/14340061/viral-video-pergerakan-tanah-di-sungai-ci-durian-bogor-ini-penjelasan-bnpb

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke