Salin Artikel

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Curah Hujan Tinggi Untuk Wilayah Jateng

Sebelumnya beberapa wilayah di Jateng dilanda angin kencang dan puting beliung yang mengiringi hujan lebat dengan durasi singkat.

Bencana Hidrometeorologi tersebut telah mengakibatkan tumbangnya pohon, serta kerugian material lainnya yaitu rusaknya rumah dan bangunan lainnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait peningkatan curah hujan yang terjadi di sebagian besar wilayah Jateng.

Waspada dampak bencana hidrometeorologi

Kepala Seksi (Kasi) Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani, Yoga Sambodo mengatakan peningkatan intensitas curah hujan dengan durasi waktu yang lebih lama diprediksi akan terjadi beberapa hari ke depan.

"Maka kami mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada akan potensi dampak lainnya berupa banjir, banjir bandang dan tanah longsor," ujar Yoga saat dikonfirmasi, Kamis (02/01/2020).

Yoga menyampaikan curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan terjadi pada periode 2 hingga 4 Januari 2020 mendatang.

2 Januari

"Cuaca tersebut dapat berpotensi terjadi pada 2 Januari di daerah Pantura Barat sisi selatan seperti Brebes, Tegal, Pemalang bagian Selatan," kata Yoga. 

Lalu di Pegunungan Tengah seperti Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Batang, Kendal bagian selatan, Magelang.

Kemudian wilayah Solo Raya terutama Boyolali, serta Jateng selatan seperti Cilacap Utara, Purworejo Utara dan sebagian Kebumen. 

3 Januari

Sementara, pada 3 Januari cuaca tersebut akan terjadi di Pantura Barat sisi selatan seperti Brebes - Tegal - Pemalang bag. Selatan. 

Lalu Pegunungan Tengah seperti Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Batang - Kendal bagian selatan, Magelang. 

Kemudian wilayah Solo Raya terutama Boyolali dan Karanganyar, serta Jateng selatan seperti Cilacap, Purworejo dan Kebumen.

4 Januari

"Sedangkan pada 4 Januari akan terjadi di Pantura Barat sisi selatan seperti Brebes, Tegal, Pemalang bagian Selatan," kata Yoga. 

Lalu Pegunungan Tengah seperti Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Batang - Kendal bagian selatan, Magelang. 

Kemudian wilayah Solo Raya terutama Boyolali dan Karanganyar, serta Jateng selatan seperti Cilacap, Purworejo dan Kebumen, dan Jateng Timur sisi barat Gunung Muria. 

https://regional.kompas.com/read/2020/01/02/18354371/bmkg-keluarkan-peringatan-dini-curah-hujan-tinggi-untuk-wilayah-jateng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke