Salin Artikel

Malam Tahun Baru di Kulon Progo Tanpa Petasan dan Kembang Api, Diganti Sendratari Sugriwa Subali

Pemkab merayakan dengan cara berbeda yakni  menggelar pertunjukkan seni budaya di Taman Budaya Kulon Progo. Sendratari Sugriwa Subali disiapkan sebagai puncak penyambutan Tahun Baru 2020. 

"Kalau dulu dar der dor di alun alun, sekarang kita fokus ke taman budaya," kata Kepala Dinas Kebudayaan Kulon Progo, Untung Waluyo, Senin (30/12/2019).

Pesta kembang api dan petasan pernah digelar di perayaan serupa pada tahun-tahun lalu. Semua terfokus di alun-alun Wates. Warga Kulon Progo tumpah ruah di sana.

Untung mengatakan, perayaan tanpa hingar bingar sengaja dilakukan di tahun ini. Gelaran pesta kembang api dan petasan tentu memerlukan biaya. 

Cara ini kemudian dirasa tidak tepat lagi di tengah situasi  daerah yang sedang giat-giatnya membangun.

"Kita mencoba mengingat situasi kondisi dan keuangan. Semangatnya adalah instrospeksi diri yang sedang membangun dan prihatin bersama," kata Untung.

Ikon Kulon Progo

Dipilihlah gelar seni budaya Sendratari Sugriwa Subali karena merupakan ikon Kulon Progo.

Warga memiliki kebanggaan atas sendratari ini. Biasanya, sedratari menyedot warga datang untuk menonton pertunjukkan ini.

Dalam pelaksanaan nanti, Untung mengungkapkan, sendratari tidak seperti biasa karena melibatkan anak-anak dan remaja saat pentas.

Tidak hanya penari, tetapi mereka yang menabuh gamelan hingga kendang adalah anak-anak dan remaja. 

"Selain itu untuk menambah kesinambungan dengan anak-anak," kata Untung. 

Selain sendratari juga berlangsung pagelaran seni juga dilakukan berupa campur sari. Setelah acara selesai, mereka menutup dengan pagelaran wayang semalam suntuk di sana.

Semua berlangsung sejak pukul 19.00 WIB hingga memasuki 1 Januari 2020. Sekitar 200 orang terlibat dalam persiapan hingga pementasan nanti.

https://regional.kompas.com/read/2019/12/30/17124101/malam-tahun-baru-di-kulon-progo-tanpa-petasan-dan-kembang-api-diganti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke