Salin Artikel

Pasca-banjir Bandang di Labuhan Batu Utara, Akses ke Desa Kembali Normal, 1 Keluarga Masih Hilang

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Utara, Riadhil Akhir Lubis mengatakannya kepada wartawan ketika dikonfirmasi pada Senin siang (30/12/2019).

"Kemarin sore baru (bisa diakses), sekitar pukul 5 sore sudah terbuka. Desa ini tidak lagi terisolasi," katanya.

Bahkan, lanjut dia, pada saat pembukaan akses menuju desa itu, Bupati Labuhan Batu Utara, Khairuddin Syah Sitorus alias Buyung sempat terjatuh ke dalam sungai saat menyeberangi jembatan yang terbuat dari bambu.

Bupati hampir hanyut

"Bahkan bupati jatuh ke sungai. Videonya kan viral itu, alhamdulillah dia masih hidup. Itu memasuki Desa Hatapang baru bisa jalan kaki, dipasang kayu bambu. itu memasuki desa hatapang baru bsia memasuki desa . jalan kaki. pasang bambu titi jembatan.

"Semalam itu lah, kan  jatuh ke sungai. videonya viral. Itu memasuki Desa Hatapang baru bisa jalan kaki, setelah dipasang bambu titi," katanya.

Dikatakannya, saat ini terdata sebanyak 19 rumah yang rusak dan hancur, satu jembatan putus, lahan pertanian rusak.

"Batu dan kayu ke desa itu.  Korban jiwa masih nihil. Lima orang itu masih kita duga hilang dan masih dalam pencarian oleh Tim SAR," katanya.

Satu keluarga hanyut bersama rumah

Diberitakan sebelumnya, Desa Hatapang adalah desa di Kecamatan NA IX-IX, Labuhan Batu Utara yang aksesnya sempat terisolir setelah terjadinya banjir bandang pada Minggu (29/12/2019) dini hari.

Banjir itu terjadi setelah hujan deras beberapa jam sebelumnya.

Selain Desa Hatapang, desa yang juga terdampak adalah Desa Pematang di kecamatan yang sama.

Lima orang dalam satu keluarga dilaporkan hanyut bersama dengan rumahnya.  Saat ini, tim Search and Rescue (SAR) sedang melakukan pencarian.  

https://regional.kompas.com/read/2019/12/30/16250831/pasca-banjir-bandang-di-labuhan-batu-utara-akses-ke-desa-kembali-normal-1

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke