Salin Artikel

Anaknya Viral Masuk Gorong-gorong, Ibunda Mengira Uha Ditangkap Polisi

BANDUNG, KOMPAS.com - Balai Pertemuan RW 03 Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung mendadak ramai pada Senin (30/12/2019).

Usut punya usut, balai pertemuan warga ini sedang mengadakan kegiatan pemberian apresiasi kepada Uha (42), warga setempat yang viral setelah setelah video dirinya 'nyemplung' ke dalam gorong-gorong yang dipenuhi air kotor, viral di media sosial Twitter dan Instagram.

Saat kegiatan berlangsung, seorang wanita tua bernama Ikah (60) yang diketahui sebagai ibu kandung dari Uha, tiba-tiba berteriak histeris saat memasuki tempat tersebut.

Ikah yang berjalan tertatih-tatih berteriak histeris sambil menangis.

"Naha teu bebeja ka emak (kenapa tidak kasih tahu emak)," ujar Ikah.

Uha pun langsung mendekap Ikah yang badannya gemetaran karena ketakutan di tengah kerumunan warga.

Pasalnya, Ikah khawatir anaknya terlibat dalam tindak kriminal.

"Uha jangan dibui, nanti emak sama siapa," lirih Ikah.

Setelah hampir 30 menit, Ikah akhirnya tenang usai diberi pengertian oleh anaknya, Uha.

"Moal emak, Uha mah teu ngabangsat, teu maling. Uha bade meunang rejeki, engke rejekina buat emak (enggak emak, Uha tidak nyolong, tidak maling. Uha mau dapat rejeki, nanti rejekinya buat emak semua)," ujar Uha yang mencoba menyenangkan ibunya sambil menangis.

Suasana haru pun terasa di balai pertemuan warga, ketika Ikah memeluk dan mencium Uha, anaknya yang paling disayangi.

Diketahui, Uha (42), warga Jalan H Syahroni, Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung, menjadi buah bibir di medsos setelah aksinya masuk ke gorong-gorong yang dipenuhi air kotor.

Unggahan tersebut pertama kali dibagikan oleh Yulius Iskandar, warga Padasuka, Kota Bandung, melalui akun media sosial Twitter-nya @juliuzickboy, Sabtu (29/12/2019).

Saat ditemui Kompas.com, Senin (30/12/2019) pagi, Uha menjelaskan, kejadian tersebut direkam pada Selasa (24/12/2019) lalu.


Pada saat itu, air berwarna abu-abu kehitaman meluap dari dalam gorong-gorong dengan lebar 60x60 sentimeter di perempatan Jalan H Syahroni.

"Kasihan orang-orang yang mau ke masjid, jijik nginjek airnya," kata Uha, Senin pagi.

Uha ternyata sudah menjadi langganan warga untuk membersihkan gorong-gorong ketika terjadi luapan air.

Setelah mendapatkan izin dari pejabat kewilayahan setempat, tanpa pikir panjang Uha langsung masuk ke gorong yang dipenuhi air berwarna abu-abu kehitaman.

"Ah, saya mah udah biasa, langsung aja masuk cuma pakai kolor," aku Uha.

Seperti sudah tahu penyebab masalah yang menyebabkan air di dalam gorong-gorong meluap, air langsung surut ketika Uha "nyemplung" ke dalam gorong-gorong tersebut.

"Sampai di dalam ada pembalut, plastik, kayu-kayu. Sama saya diambil dapat setengah plastik besar pasir sama lumpur dapat satu karung. Sampah yang paling banyak itu pembalut, pampers, plastik, dan kayu-kayu kecil," tuturnya.

Uha yang tidak memiliki pekerjaan tetap ini mengaku tidak pernah jijik masuk ke gorong-gorong yang dipenuhi air kotor dan sering berbau tidak sedap.

"Ah enggak (jijik), anggap saja masuk kolam renang. Saya sudah sering bolak-balik masuk ke gorong-gorong kalau lagi meluap. Kalau dihitung sudah 20 tahun sejak gorong-gorong ini ada," akunya.

Inisiatif sendiri

Pria yang dijuluki manusia gorong-gorong ini mengaku, alasan dirinya nyemplung ke gorong-gorong sedalam 3 meter tersebut dikarenakan geram dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandung yang lambat membersihkan saluran drainase.

"Ini mah inisiatif dari saya saja sendiri, soalnya petugas bilangnya nanti-nanti terus. Pernah datang, tapi datangnya kalau sudah surut.," kata Uha saat ditemui di Jalan Haji Syahroni.

Uha berharap kepada masyarakat sekitar bisa lebih peka dalam menjaga kebersihan saluran drainase.

"Saya mah cuma minta masyarakat sadar, jangan buah sampah lagi ke selokan dan gorong-gorong. Gorong-gorong ini sudah kecil jangan dimasukin sampah lagi," tuturnya.


Sementara kepada Pemerintah Kota Bandung, Uha berharap gorong-gorong di wilayah Kelurahan Cikutra diperbesar agar mudah mengontrolnya ketika ada luapan air.

"Dalammya memang 3 meter, tapi di dalam salurannya cuma 14 inchi," bebernya.

Lurah Cikutra Asri Desiyani mengaku, bangga dan mengapresiasi apa yang dilakukan Uha.

Karena itu, pihaknya memberikan penghargaan berupa paket sembako dan beberapa uang kepada pria yang dijuluki manusia gorong-gorong itu.

"Kita siapkan piagam penghargaan, paket sembako, seragam Linmas karena kebetulan beliau anggota Linmas RW 03. Ada juga uang penghargaan dari pak camat," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2019/12/30/13415971/anaknya-viral-masuk-gorong-gorong-ibunda-mengira-uha-ditangkap-polisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke