Salin Artikel

Banjir Bandang di Labura, Tim SAR Cari 1 Keluarga yang Diduga Hanyut Bersama Rumahnya

MEDAN, KOMPAS.com - Tim Search and Rescue (SAR) pada Senin (30/12/2019) pagi tadi melakukan pencarian terhadap lima orang yang diduga menjadi korban banjir bandang di Dusun Siria-ria A dan B, Desa Pematang dan Desa Hatapang, Kecamatan NA IX-IX, Labuhan Batu Utara, Minggu (29/12/2019) dini hari.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Utara, Riadhil Akhir Lubis.

Tim SAR itu berangkat melakukan pencarian pada pukul 06.00 WIB ke arah kaki Gunung Bukit Barisan.

"Pencarian masih berlangsung. Tim SAR pukul 06.00 WIB tadi sudah bergerak mencari di lokasi," katanya, Senin siang (30/12/2019).

Ada lima orang anggota keluarga yang tidak ditemukan setelah rumah mereka hanyut terbawa banjir bandang. Lima orang tersebut terdiri dari ayah, ibu, dan tiga orang anak.

"Kepala desa setempat mengatakan ada di satu rumah yang hanyut itu, satu keluarga hilang. Dua orang tua dan tiga anaknya," katanya

Lokasi pencarian itu, kata dia, jauh dari ibu kota kecamatan tepatnya di kaki Gunung Bukit Barisan. 

Jarak tempuhnya sejauh 2 jam jalan kaki dalam kondisi normal.

"Sementara akses sulit akibat banjir," katanya.

Diberitakan sebelumnya, banjir bandang Dusun Siria-ria A dan B, Desa Pematang dan Desa Hatapang, Kecamatan NA IX-IX, Labuhan Batu Utara, Minggu (29/12/2019) dini hari terjadi karena hujan deras selama beberapa jam.

Belasan rumah dilaporkan rusak berat, jembatan besar di jalan kabupaten hancur, jembatan kecil hanyut, longsor sepanjang 100 meter dengan kedalaman 5 meter dan kerusakan lahan pertanian diperkirakan seluas 5 hektare karena tertimbun kayu dan bebatuan besar.

"Sementara korban jiwa masih nihil. Lima orang itu masih kita duga hilang dan masih dalam pencarian oleh Tim SAR," katanya.  

https://regional.kompas.com/read/2019/12/30/12200591/banjir-bandang-di-labura-tim-sar-cari-1-keluarga-yang-diduga-hanyut-bersama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke