Salin Artikel

Kecelakaan Beruntun di GT Kalikangkung, Dua Bus Terbakar Satu Korban Luka Berat

Terdapat satu korban luka berat dan beberapa korban luka ringan yang saat ini masih dalam tahap pendataan.

Direktur Utama Jasamarga Semarang Batang Arie Irianto mengatakan kecelakaan beruntun tersebut dipicu Bus Kramat Jati B 7450 TGA yang mengalami rem blong.

"Sehingga hilang kendali dan menabrak bagian belakang bus PJT yang ada di depannya dan sedang melakukan transaksi (tapping) di akses masuk Gardu No. 13 GT Kalikangkung," jelas Arie dalam keterangannya, Sabtu (28/12/2019) malam.

Bus PJT tersebut kemudian terdorong hingga oleng ke kanan dan menabrak water barrier serta kendaraan Innova dengan nomor Polisi H 732 UK hingga masuk parit. Kecelakaan ini mengakibatkan dua bus tersebut terbakar.

"Segera setelah kecelakaan bersama dengan pihak Kepolisian dan Petugas Pemadam Kebakaran, petugas JSB langsung menolong dan mengevakuasi korban dan melakukan pengaturan lalu lintas di sekitar lokasi kejadian," kata Arie.

Seluruh korban kemudian dibawa ke rumah sakit terdekat, yakni di RS Tugu Semarang.

Tepat pada 20.20 WIB api sudah berhasil dipadamkan dan lalu lintas sudah kembali normal.

Arie mengimbau kepada seluruh pengguna jalan baik pengusaha angkutan umum maupun kendaraan pribadi untuk memastikan kelayakan kendaraan sebelum memulai perjalanan.

"Kendaraan yang tidak layak operasi akan berakibat fatal dalam perjalanan dan merugikan pengguna jalan lainnya, seperti kasus rem blong yang tidak berfungsi maksimal dalam kejadian ini," katanya.

Selain itu, pengguna jalan diimbau untuk beristirahat jika lelah atau mengantuk dengan memanfaatkan rest area, terutama bagi pengguna jalan yang menempuh perjalanan panjang.

https://regional.kompas.com/read/2019/12/28/23482651/kecelakaan-beruntun-di-gt-kalikangkung-dua-bus-terbakar-satu-korban-luka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke