Salin Artikel

Prihatin Sampah Plastik, Pohon Natal di Gereja Ini Disusun dari 2.000 Ecobrick

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini pohon natal dibuat dari ecobrick.

Ecobrick adalah botol plastik yang diisi padat dengan limbah non-biological untuk membuat blok bangunan yang dapat digunakan kembali.

Sedikitnya 2.000 buah ecobrick disusun membentuk pohon natal dengan tinggi 6 meter dan diameter bawah 4 meter.

Agar dapat menopang beban ecobrick yang berat, rangka pohon dirancang khusus menggunakan besi.

Pastor Kepala Paroki Gereja Katedral Kristus Raja Sulpicius Parjono PR mengatakan, pembuatan pohon natal itu sebagai bentuk keprihatinan atas kerusakan ekologi lingkungan hidup yang terjadi di dunia.

"Ini merupakan kelanjutan refleksi kami mengenai pertobatan ekologis, umat diajak untuk mengelola sampah. Sampah dihasilkan rumah tangga setiap hari, makanya kami buat pohon natal dari plastik," kata Parjono saat ditemui, baru-baru ini.

Parjono mengatakan, setiap keluarga diminta membuat minimal tiga buah ecobrick. Plastik didapatkan dari rumah masing-masing atau warung-warung di sekitar tempat tinggalnya.

"Ini bukan hanya aksi keprihatinan ekologi, tapi juga bentuk pertobatan umat. Kalau bertobat harus mengubah tata cara hidup. Kalau pakai plastik harus berani mengelola, pesan kami jangan merusak bumi," ujar Parjono.

Ketua Panitia Natal Iganatius Heru Santoso mengatakan, setiap ecobrick dari botol minuman air mineral ukuran 600 mililiter memiliki bobot sekitar 200 gram. Sehingga total ecobrick yang digunakan memiliki bobot sekitar 400 kilogram.

"Satu ecobrick rata-rata 200 gram, dikalikan 2.000 ecobrick, sudah berapa kuintal sampah plastik yang diselamatkan. Selain pohon natal, kami juga membuat goa dari ecobrick, untuk goa membutuhkan sekitar 500 ecobrick," kata Heru.

Heru mengatakan gerakan tersebut tidak akan berhenti sampai di sini.

Ke depan setiap keluarga diharapkan mengelola sampah plastik, karena selama ini plastik memiliki andil besar dalam pemanasan global.

"Setelah Natal, ecobrick akan digunakan untuk membuat kursi di taman, pos ronda mungkin, ini sudah banyak yang memesan," ujar Heru.

Menurut Heru, pohon natal sengaja ditempatkan di pelataran gereja. Pohon natal yang berarti pohon terang diharapkan dapat menjadi penerang bagi seluruh manusia.

https://regional.kompas.com/read/2019/12/22/16170411/prihatin-sampah-plastik-pohon-natal-di-gereja-ini-disusun-dari-2000-ecobrick

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke