Salin Artikel

Gagal Temui Sesaat Sebelum Daftar Pilkada Solo, Gibran: Pak Rudy Ada Kesibukan

KOMPAS.com - Gibran Rakabuming Raka resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon wali kota Solo di DPD PDI Perjuangan Jateng di Semarang, Kamis (12/12/2019).

Sesaat sebelum mendaftar, Gibran mengaku ingin menemui Ketua DPC PDI-P Solo yang juga merupakan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Namun, menurut Gibran, lantaran kesibukan Rudy, ia gagal menemuinya.

"Orang pertama yang saya temui sebelum datang kemari tentu saja Pak Rudy. Tapi berhubung ada kesibukan di luar kantor, saya tidak sempat bertemu beliau," ujar Gibran di Semarang.

Meski demikian, putra sulung Jokowi itu mengklaim telah meminta restu Rudy sebelum bertolak ke Semarang untuk mendaftar.

Ditemui terpisah, Rudy enggan berkomentar mengenai mendaftarnya Gibran ke DPD PDI-P Jateng di Semarang.

Rudy mengatakan telah melakukan tugasnya dengan menunjuk Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota Solo pada Pilkada 2020.

“Tugas saya sudah selesai. Kita menunggu rekomendasi dari DPP. Saya tidak tahu kapan itu keluar,” kata Rudy, Kamis (12/12/2019)

Menurutnya, penunjukan Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa sesuai dengan Peraturan Partai Nomor 24 Tahun 2017.

Di sana disebutkan, penjaringan suara dilakukan tertutup oleh DPC yang memperoleh suara lebih dari 25 persen.

"Kalau bisa, sebelum daftar ya ngobrol dulu sama Pak Rudy. Gak apa-apa kalau mau daftar ke DPD Jateng. Dia juga pernah bilang kepada saya mau daftar awal Desember. Itu pas saya nengokin bayinya yang baru lahir di Solo tempo hari," kata Ganjar di Semarang, Sabtu (7/12/2019).

Gibran, lanjut Ganjar, perlu memperbaiki pola komunikasi dengan Rudy untuk menjalin hubungan harmonis.

“Gibran harus berkomunikasi intensif dengan Pak Rudy. Maka, saran saya banyakin bicara aja sama Pak Rudy,” ucapnya.

Seperti diketahui, Gibran telah mendaftar sebagai bakal calon wali kota Solo melalui DPD PDI-P Jateng, Kamis (12/12/2019). Di sisi lain, DPC PDI-P Solo kukuh mengusung Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa dalam Pilkada Solo 2020.

Gibran mendaftar diantar oleh Habib Hasan dan diarak oleh ribuan relawan dari daerah di Jateng.

Gibran disambut oleh Ketua Panitia Pendaftaran Balon Wali Kota/Bupati Abang Baginda Hasibuan dan beberapa kader PDI-P setibanya di DPD PDI-P.

Abang mengatakan, Gibran telah mengambil dan mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon wali kota Solo pada hari terakhir pendaftaran atau hari Kamis.

Sumber: KOMPAS.com (Penulis: Riska Farasonalia, Labib Zamani | Editor David Oliver Purba, Farid Assifa)

https://regional.kompas.com/read/2019/12/13/11142251/gagal-temui-sesaat-sebelum-daftar-pilkada-solo-gibran-pak-rudy-ada-kesibukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke