Salin Artikel

Pemkot Tegal Uji Coba Pengaspalan Jalan Berbahan Dasar Sampah Plastik

TEGAL, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal, Jawa Tengah, melakukan terobosan mengaspal jalan menggunakan bahan dasar sampah plastik.

Uji coba pengaspalan dilakukan di sepanjang jalan dengan luas 1.800 meter persegi di Komplek Balai Kota Tegal, Selasa (3/12/2019).

"Tentu saya berharap uji coba ini berhasil tidak ada kendala. Sehingga nanti selanjutnya akan diterapkan untuk seluruh jalanan di Kota Tegal,” kata Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono.

Dedy menyebut, keunggulan menggunakan bahan dasar sampah plastik dinilai mampu memperkuat struktur jalan.

Ke depan, pihaknya akan memprioritaskan menggunakan sampah plastik untuk pengaspalan jalan di Kota Tegal

“Kita laksanakan secara bertahap, dengan skala prioritas mendahulukan jalan yang rusak lebih dahulu untuk diperbaiki,” ujar Dedy.

Sementara itu, Asosiasi Industri Olefin, Aromatik dan Plastik Indonesia (Inaplas) Edi Rivai mengatakan pengaspalan dengan menggunakan sampah plastik bisa mengatasi persoalan yang selama ini menjadi momok menakutkan.

Menurut dia, jika dikelola dengan benar, sampah plastik akan sangat bermanfaat, bahkan bernilai ekonomis tinggi.

Edi menjelaskan, jenis sampah yang bisa diolah untuk aspal plastik adalah jenis kantong plastik atau kantong kresek yang merupakan plastik dengan nilai terendah.

Inaplas, kata dia, sudah bekerja sama dengan Kementrian PUPR, membangun jalan sepanjang 22 km di 43 titik lokasi, termasuk di Kota Tegal menggunakan bahan sampah plastik.

“Hasil riset PUPR kekuatan jalan meningkat 40 persen, dengan demikian biaya perawatan jalan akan lebih murah, lebih efisien dan lingkungan akan lebih baik,” ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2019/12/03/22293391/pemkot-tegal-uji-coba-pengaspalan-jalan-berbahan-dasar-sampah-plastik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke