Salin Artikel

Waspada Gelombang Tinggi 4 Meter Terjadi di Sangihe dan Talaud

MANADO, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Bitung, Sulawesi Utara, telah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Ricky Daniel Aror mengatakan gelombang tinggi 2,5 sampai 4 meter berpeluang terjadi di tiga wilayah, yakni Perairan Kepulauan Sangihe, Talaud, dan Laut Maluku bagian utara.

"Kondisi ini diperkirakan hingga, Selasa mendagang," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Ricky, Minggu (1/12/2019).

Selain itu, Laut Sulawesi bagian timur, Perairan Kepulauan Sitaro, Bitung sampai Likupang, Periaran Selatan Sulawesi Utara, dan Laut Maluku bagian selatan, berpeluang terjadi gelombang 1,25 sampai 2,5 meter.

Dia menghimbau kepada warga untuk mewaspadai risiko gelombang tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

Dikatakan Ricky, untuk perahu nelayan mewaspadai jika kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Kapal tongkang kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter.

Sedangkan, lanjutnya, kapal Ferry apabila kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

Sementara itu, kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau kapal pesiar apabila kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter.

"Masyarakat dan kapal-kapal yang aktivitas di daerah yang tercantum dalam daftar peringatan dini di atas harap mempertimbangkan kondisi tersebut," tutur Ricky.

https://regional.kompas.com/read/2019/12/01/21280301/waspada-gelombang-tinggi-4-meter-terjadi-di-sangihe-dan-talaud

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke