Salin Artikel

Empat Kabupaten Bentuk Tim Percepatan Pembentukan Provinsi Papua Selatan

MERAUKE, KOMPAS.com - Empat kabupaten di selatan Papua membetuk tim pemekaran Provinsi Papua Selatan (PPS) untuk percepatan pembentukan provinsi tersebut.

Empat kabupaten ini yakni, Kabupaten Asmat, Merauke, Mappi, dan Boven Digoel.

Tim yang dibentuk pada Rabu (27/11/2019) malam di Hotel Swisbell Merauke, diketuai oleh Thomas Eppe Safanpo yang juga Wakil Bupati Asmat.

Tim ini terbentuk setelah dilakukan pertemuan lima bupati dengan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, dan Forkompimda, di Kantor Bupati Merauke, Rabu siang.

Kelima bupati ini yaitu Bupati Merauke Frederikus Gebze, Bupati Asmat Elisa Kambu, Bupati Boven Digoel Benidiktus Tambanob, Bupati Kabupaten Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu, dan Bupati Pegunungan Bintang Costan Oktemka.

Hadir pula dalam pertemuan itu Johanes Gluba Gebze, sebagai tokoh inisiator pemekaran PPS.

Menurut ketua tim PPS Thomas Eppe Safanpo, dari lima kabupaten tersebut hanya disepakati empat kabupaten yang masuk dalam PPS.

Sedangkan untuk Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin) hanya sebagai peninjau.

Namun, apabila dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPR RI yang direncanakan pada 9-12 Desember 2019 nanti pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) harus lima kabupaten, maka Kabupaten Pegubin akan dimasukan dalam PPS.

"Setelah rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPR RI kalau memang dianggap keterwakilan empat kabupaten itu kurang dalam hal siap administratif pembentukan atau pemekaran provinsi, maka kami empat kabupaten bersepakat memastikan bahwa Pegubin bagian dari kita untuk melengkapi administratif itu," kata Thomas.

"Tapi, apabila dalam rapat dengar pendapat Komisi II mengarahkan bahwa tanpa Pegubin empat kabupaten bisa bentuk provinsi, maka sampai di situ," tambah Thomas.

Menurut Thomas, sebelum melakukan audiensi dan rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPR RI, aspirasi pembentukan PPS dari masyarakat akan diserahkan kepada Gubernur Papua, DPR Papua dan Majelis Rakyat Papua (MRP).

"Sekitar tanggal 3 atau 4 Desember, tim dari Papua Selatan akan ke Jayapura untuk menyampaikan aspirasi, dan meminta waktu audiens dengan Gubernur, DPRP, dan MRP," kata Thomas.

Para bupati bersepakat memberikan anggaran dari APBD tahun 2020 untuk tim percepatan pembentukan PPS ini.

Untuk itu, menurut Thomas, selaku ketua tim dirinya diberi waktu hingga akhir Desember harus membentuk struktur, komposisi dan personalia pemekaran PPS.

"Saya ditunjuk sebagai ketua tim pemekaran mewakili empat kabupaten. Dan saya diberi waktu paling lambat akhir Desember untuk membentuk struktur, komposisi dan personalia pemekaran PPS yang personalianya terdiri dari empat kabupaten itu," kata Thomas.

https://regional.kompas.com/read/2019/11/27/23231361/empat-kabupaten-bentuk-tim-percepatan-pembentukan-provinsi-papua-selatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke