Salin Artikel

Ma’ruf Amin: Potensi Pasar Halal Dunia Besar, Indonesia Harus Ambil Kesempatan

Menurut dia, potensi pasar halal dunia sangat besar.

Pada 2017, produk pasar halal dunia mencapai 2,1 triliun dollar AS. Angka itu diprediksi akan naik menjadi 3 trilliun dollar AS pada 2023.

“Kita harus dapat memanfaatkan potensi pasar halal dunia ini dengan meningkatkan ekspor kita,” ujar Ma'ruf saat menjadi pembicara dalam International Halal and Thayyib Conference 2019 di Universitas Brawijaya (UB), Kota Malang, Rabu (27/11/2019).

Mantan Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu mengatakan, ekspor Indonesia terhadap pasar halal dunia masih sekitar 3,8 persen dari total produk pasar halal dunia.

“Berdasarkan laporan Global Islamic Economic Report tahun 2019, Brasil merupakan eksportir produk halal nomor satu di dunia dengan nilai 5,5 miliar dollar AS, yang disusul oleh Australia dengan nilai 2,4 miliar dollar AS,” ujar dia.

Di sisi lain, Indonesia memiliki momentum yang baik terkait pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Ma’ruf mengatakan, peringkat Indonesia terus naik. Bahkan, berdasarkan laporan Islamic Finance Country Index (IFCI), Indonesia pada 2019 berada di peringkat pertama, atau naik dari peringkat keenam pada 2018.

“Indonesia baru saja mendapatkan kenaikan peringkat dari peringkat ke-10 pada 2018 menjadi peringkat keempat dari 131 negara pada 2019 menurut Islamic Finance Development Indicator (IFDI) dalam hal perkembangan keuangan Syariah," ujar Ma'ruf.

"Bahkan, menurut Islamic Finance Country Index (IFCI), Indonesia pada 2019 telah menduduki peringkat pertama, naik dari peringkat keenam pada 2018,” kata Ma'ruf menambahkan.

https://regional.kompas.com/read/2019/11/27/14303051/maruf-amin-potensi-pasar-halal-dunia-besar-indonesia-harus-ambil-kesempatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke